Prodi MPI Tingkatkan Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa dalam Publikasi Ilmiah

  • Admin Humas
  • Selasa, 02 Juli 2024
  • 42 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Pelatihan Literasi Jurnal dan Publikasi Ilmiah Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa, pada 01-02 Juli 2024, di Ruang Meeting Lt.1 Gedung Academic & Research Center.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa dan 14 orang dosen. Narasumber yang dihadirkan adalah Soeharto SPd MPd PhD. dari Research Center for Education, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta dan Arif Kamar Bafadal SSi MSi. dari Statistical Training Centre (STC) Malang Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (Dosen Praktisi).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Dekan FTK Prof Dr Hj Nirva Diana MPd. Dalam sambutannya ia menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam menulis dan menerbitkan jurnal bereputasi. 

Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas. “Menulis jurnal harus banyak baca jurnal,” pesannya.

“Alhamdulillah, minggu lalu kita juga sudah menelurkan artikel ilmiah ke Jurnal terakreditasi Sinta 2 oleh Mahasiswa MPI. Maka, dengan adanya kegiatan ini, Prodi MPI harus menjadi pionir untuk dapat menulis jurnal bereputasi,” tambah Dekan.

Senada hal tersebut, Ketua Prodi MPI, Dr Hj Yetri MPd menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Prodi MPI untuk memperkuat kompetensi dan kemampuan literasi ilmiah dosen dan mahasiswa.

blank

“Kegiatan ini tentu berangkat dari kebutuhan real kita di fakultas ya khususnya,” ungkapnya. “Ini menjadi kebutuhan, di UIN RIL sudah menulirkan kebijakan bahwa mahasiswa tidak hanya menyelesaikan tugas akhirnya dengan skripsi. Namun sudah merambah pada mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir dengan membuat artikel ilmiah dan mempublikasikannya ke jurnal-jurnal bereputasi,” ujar Yetri.

Yetri berharap, usai kegiatan ini akan ada tindak lanjut dari kolaborasi dosen dan mahasiswa, sehingga akan melahirkan artikel-artikel sesuai yang diharapkan. (An/AH)