Prodi PBI Hadirkan Dosen Arizona State University Bahas Tantangan dan Peluang BIPA di Amerika

  • Admin Humas
  • Selasa, 21 Mei 2024
  • 128 Tampilan
blank
Assoc Prof Peter Suwarno MA PhD dari Arizona State University (ASU)

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dalam agenda Guest Lecture Series menghadirkan Assoc Prof Peter Suwarno MA PhD dari Arizona State University (ASU), Amerika, Selasa (21/05/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Aula FUSA ini mengusung tema BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Learning Revolution and American Dream: Challenges and Opportunities.

Dalam paparannya, dosen yang ahli di bidang bahasa dan komunikasi itu menerangkan mengenai tantangan dan peluang yang dihadapinya dalam mengembangkan program BIPA di Amerika.

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing adalah program pembelajaran bahasa Indonesia yang subjeknya merupakan pembelajar asing.

“Keberhasilan program bahasa Indonesia di US tergantung pada jumlah peminat (mahasiswa), dukungan program Indonesia di universitas, serta funding,” jelasnya.

Sedangkan tantangan untuk sebagian besar program BIPA, sambungnya, diantaranya alasan/motivasi belajar bahasa Indonesia, recruitment (berkurangnya minat belajar bahasa Indonesia), venue (tempat dan komunitas) penggunaan bahasa Indonesia, menurunnya jumlah dosen yang berminat di bidang Indonesia, dan lainnya.

Dia juga menyebutkan bahwa pengajar BIPA sebagai duta bangsa. Menurutnya, melalui BIPA, mereka dapat memperkenalkan budaya Indonesia hingga merekrut mahasiswa luar untuk tertarik dan melakukan riset ke Indonesia.

Acara ini dibuka oleh Dekan FTK, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd. Dalam sambutannya, Prof Nirva menekankan pentingnya bahasa Indonesia di era globalisasi. “Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia,” ujarnya. 

“Dengan mempelajari Bahasa Indonesia, kita membuka peluang untuk menjalin hubungan dengan lebih banyak orang di seluruh dunia.”

Prof Nirva juga menyampaikan, bahasa Indonesia perlu dipromosikan dan disebarkan ke luar negeri. “Salah satu cara untuk menyebarkan bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik. Dengan begitu, informasi tentang bahasa Indonesia dapat diakses oleh lebih banyak orang,” tandasnya.

blank

Sementara Ketua Prodi PBI, Muhammad Ridho Kholid MPd mengatakan, kegiatan ini mendukung salah satu pilar utama UIN Raden Intan Lampung yakni internasionalisasi.

“Dalam konteks ini, penguasaan bahasa Inggris merupakan suatu keharusan bagi seluruh pemangku kepentingan UIN Raden Intan Lampung sebagai bagian dari agenda internasionalisasi,” tutur Ridho.

Hadir dalam acara ini Ketua Senat UIN RIL sekaligus Guru Besar bidang Bahasa Inggris Prof Dr Idham Kholid MAg, Sekertaris LPM Bambang Irfani PhD, dosen bahasa Indonesia, dosen bahasa Inggris, dan dosen bahasa Arab. Guest Lecture yang diadakan Prodi PBI ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dikhususkan untuk para dosen, kemudian sesi kedua dikhususkan para mahasiswa PBI sebagai peserta.

Pada kesempatan tersebut, narasumber mendorong rasa percaya diri mahasiswa untuk berbicara, khususnya dalam bahasa inggris. Peluang untuk bekerja di luar negeri yang terbuka luas sebagai Guru Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (An/AH)