Prodi Pendidikan Fisika Tingkatkan Kemampuan Robotik Mahasiswa

  • Admin Humas
  • Selasa, 21 Mei 2024
  • 168 Tampilan
blank
Mahasiswa Pendidikan Fisika bersama Dekan, Wakil Dekan, dosen dan narasumber

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Guna meningkatkan kemampuan  mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis robotik, Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) selenggarakan Bimbingan Teknik (Bimtek) Robotik.

Nampak sebanyak 60 mahasiswa dari seluruh angkatan Pendidikan Fisika antusias mengikuti bimtek yang akan berlangsung selama 3 hari pada 20 – 22 Mei 2024 di Lantai 3 Gedung Rektorat Lama UIN Raden Intan Lampung.

Bimtek pelatihan ini menghadirkan  narasumber yang ahli di bidang Robotik yakni Mona Arif Muda MT.

Narasumber yang juga menjabat sebagai Ketua URO (Unila Robotika dan Otomasi)  itu memaparkan Interaksi Manusia-Robot: membuat robot yang aman dan mudah digunakan oleh manusia, Otonomi: mengembangkan robot yang dapat membuat keputusan sendiri, Etika dan Hukum: menyusun regulasi penggunaan robot dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FTK, Prof Dr Hj Nirva Diana MPd. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai calon pendidik masa depan harus selalu meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan hal yang baru terutama dalam media pembelajaran. 

“Hal yang baru seperti sekarang, robot mempermudah pekerjaan kita dan menjadikan kita bisa jauh lebih berkembang, tentunya didukung juga dengan dosen-dosen Prodi Pendidikan Fisika yang berkompeten,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Prodi Pendidikan Fisika, Sri Latifah MSc, ia berharap Bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menciptakan hal yang baru dari aplikasi keilmuan. 

Tak hanya itu, mahasiswa juga diharapkan dapat membuat produk Robotik sebagai tugas akhir mahasiswa yang berupa produk dan artikel jurnal. 

Hal ini memerlukan waktu, ketekunan dan proses ini didampingi oleh dosen-dosen Pendidikan Fisika yang berkompeten, ucapnya.

Adapun Bimtek Robotik ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai konsep dasar dan aplikasi praktis dalam bidang robotika. 

Melalui bimtek ini, jelas Sri, peserta akan dipersiapkan untuk mengembangkan keterampilan pemrograman dan pemeliharaan robot. Tujuan utamanya adalah agar peserta mampu memanfaatkan teknologi robotik untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan inovasi dalam berbagai sektor industri.

Dengan memahami prinsip-prinsip dasar robotika dan kemampuan mengoperasikan serta merawat robot, peserta diharapkan dapat mengimplementasikan solusi yang lebih canggih dan efektif dalam proses produksi, penelitian, pengembangan produk, dan layanan. 

Dengan demikian, bimtek ini menjadi landasan bagi peserta untuk berkontribusi pada kemajuan teknologi dan ekonomi melalui penerapan robotika di berbagai bidang. (Rls/An/AH)