Home » Berita » Prodi Pendidikan Matematika Siapkan RPS Berbasis KKNI

Prodi Pendidikan Matematika Siapkan RPS Berbasis KKNI

Sudah dibaca : 951 Kali


Workshop RPS Prodi Pendidikan Matematika FTK. (Dok. Ist)

Kurikulum dan pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pendidikan. Kurikulum memiliki peran dalam menentukan berhasil tidaknya pendidikan, karena kurikulum merupakan pedoman dalam pelaksanaan program pengajaran, serta penentu jenis dan kualifikasi lulusan.

Bertolak dari hal tersebut, Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) selenggarakan workshop pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada 8-9 April 2021. Workshop yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh 45 Dosen Prodi Pendidikan Matematika.

Hadir sebagai narasumber yakni Dr Elah Nurlaelah MSi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Ketua Prodi Pendidikan Matematika Dr Nanang Supriadi MSc mengatakan bahwa dosen memiliki tanggung jawab besar dalam melahirkan lulusan perguruan tinggi yang cerdas dan berintegritas. “Maka kurikulum (KKNI) ini merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung kesadaran tersebut,” ujarnya.

Di menyampaikan, kurikulum berbasis KKNI dapat tercapai jika didukung oleh tersusunnya Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang memadai, efektif sesuai dengan karakteristik matakuliah tersebut. “RPS dan SAP ini sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan perkuliahan,” terang Nanang.

Dia berharap, workshop ini dapat meningkatkan pemahaman Dosen Pendidikan Matematika tekait penyusunan RPS yang lebih ideal dan sesuai dengan kurikulum KKNI, serta untuk melakukan sertifikasi internasional ISO 9001 tentang Sistem Manajemen Mutu.

Dikesempatan yang sama, Wakil Dekan (WD) II FTK Dr Imam Syafe’i MAg mendukung prodi-prodi untuk menyelenggarakan workshop RPS berbasis KKNI. “Workshop ini diharapkan dapat menghasilkan suatu kemajuan dalam proses pembelajaran dan menghasilkan produk yang lebih baik terutama untuk dosen-dosen muda, yang mungkin belum banyak mengerti tentang pentingnya RPS berbasis KKNI,” harapnya.

Menurut iman, kurikulum KKNI sangat penting untuk menaikkan mutu pendidikan di Indonesia agar setara dengan pendidikan di negara-negara lain. (Rls–NF/HI)