Home » Berita » Prodi SPI Gelar Webinar Diaspora Melayu dan Islamisasi Nusantara

Prodi SPI Gelar Webinar Diaspora Melayu dan Islamisasi Nusantara

Sudah dibaca : 558 Kali


Rektor UIN Prof. Mukri saat membuka kegiatan webinar Prodi SPI, Senin (26/7/2021).

Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab (FA) UIN Raden Intan Lampung selenggarakan webinar dengan tema Diaspora Melayu dan Islamisasi Nusantara. Kegiatan ini berlangsung melalui aplikasi Zoom pada 26 Juli 2021.

Wakil Dekan (WD) I FA Dr Nadirsah Hawari MA mengatakan, kegiatan webinar ini dalam rangka memperingati 2 tahun Prodi SPI. “Selain memperingati lahirnya prodi SPI yang kedua, webinar ini juga untuk memperkaya khazanah kita terkait diaspora melayu dan proses Islamisasi di Nusantara,”kata Nadirsyah yang juga bertindak sebagai moderator pada webinar ini.

Webinar ini menghadirkan 4 narasumber yakni Dr Surya Suryadi (Universiteit Leiden, Belanda), Dr Sudarman MA (UIN Imam Bonjol Padang), Dr Wahyu Iryana (UIN Raden Intan Lampung), dan Dr Abd Rahman Hamid (UIN Raden Intan Lampung).

Webinar dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg. Rektor mengapresiasi penyelenggaraan webinar ini. “Meski dalam kondisi pandemi, kita tidak boleh kehilangan akal sehat dan tetap harus produktif untuk kemajuan kita,” ujarnya.

Menurutnya, tema webinar ini juga menarik. “Ketika bicara diaspora, atau hijrah, atau konsep lokalnya yaitu transmigrasi, sesungguhnya kalo kita merenung kejadian para nabi, mereka manusia yang pergi atau terusir dari negerinya atau hijrah, atau kita kenal juga diaspora. Dan mereka ini yang menyebarkan Islam atau berdakwah ke seluruh dunia termasuk ke Bumi Nusantara,” ungkap Prof Mukri.

Diaspora melayu dan Islamisasi Nusantara, lanjut Prof Mukri, tidak terlepas dari proses perdagangan, perkawinan, dan dakwah, atau biasa dikenal dengan akulturasi dan asimilasi. “Kita juga bersyukur Bahasa Melayu sebagai induk dari bahasa Indonesia. Bahasa yang mempersatukan kita. Saat ini proses dakwah juga terus berjalan seperti di sejumlah negara Eropa, kita bisa temukan masjid, musholla, bisa ikut sholat Jumat. Ini berkat adanya diaspora,” tambahnya.

Peserta Zoom Meeting Webinar Prodi SPI.

Para narasumber menyampaikan materi dengan sub-tema yang berbeda. Dr Surya Suryadi menyampaikan materi tentang Perang dan Politik Pengasingan Penjajah dan Diaspora Melayu-Nusantara.

Dr Sudarman memaparkan Dharmasraya dalam Arus Jalur Rempah Nusantara Abad VIII-XII. Kemudian Dr Wahyu menyampaikan tentang Sebaran Islam dan Para Ahlul Bait di Pesisir Sumatera dari Kesultanan Perlak, Samudra Pasai hingga ke Malaka.

Dan Dr Abd Rahman menyampaikan materi tentang Jalur Rempah Islamisasi Nusantara: Jaringan Samudera Pasai Abad XIII-XVI. (NF/HI)