PSGA Rekrut Duta Konselor Sahabat ULT

  • Admin Humas
  • Jumat, 22 Maret 2024
  • 178 Tampilan
Calon Duta Konselor saat melakukan tes asesmen, Jumat (22/03)

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) kembali merekrut Duta Konselor Sahabat Unit Layanan Terpadu (ULT).

Perekrutan Duta Konselor Sahabat ULT ini merupakan kali kedua, dalam rangka membantu mencegah serta menekan angka kekerasan seksual di perguruan tinggi. Adapun proses rekrutmen ini terdiri dari pendaftaran, tes seleksi asesmen, serta pembekalan dan pelatihan bagi duta konselor terpilih.

Kepala PSGA, Dr Hj Suslina MAg mengatakan, tes asesmen dilakukan oleh Tim Psikologi UIN Raden Intan Lampung dan diikuti sebanyak 137 mahasiswa yang berasal dari seluruh fakultas di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Dari seleksi tersebut akan diambil 30 mahasiswa untuk mengikuti tahapan berikutnya yakni pembekalan dan pelatihan.

Ia berharap, duta konselor terpilih nantinya dapat berpartisipasi membantu menekan dan meminimalisir angka kekerasan seksual di perguruan tinggi. “Tidak hanya itu, adik-adik nanti akan kami libatkan bersama Tim Konselor UIN Raden Intan Lampung dalam pendampingan kasus-kasus kekerasan di dalam kampus maupun luar kampus,” ujarnya.

Berlangsung di Ruang Seminar Gedung Rektorat Lt.3, Jumat (22/03/2024), tes asesmen ini dibuka oleh Ketua LP2M, Prof Dr H A Kumedi Ja’far MH.

Menurutnya dalam sambutan yang disampaikan, duta konselor selain menjadi tempat teman sebayanya dalam menyelesaikan masalah, juga dapat dijadikan sebagai pengalaman bagi duta konselor dalam menangani kasus kekerasan seksual.

“Peran duta konselor ini sebagai pembelajaran sekaligus bekal untuk menangani dan menyelesaikan kasus-kasus kekerasan di manapun berada, baik di rumah, di kampus, di masyarakat dan lain sebagainya. Jadi artinya tidak serta-merta hanya di kampus. Ilmu dan pengalaman yang kalian dapatkan dipastikan akan sangat bermanfaat,” ujar Prof Kumedi.

Adapun hasil seleksi duta konselor akan diumumkan pada 28 Maret 2024. Selanjutnya, bagi yang lolos akan mengikuti pembekalan dan pelatihan duta konselor pada 17 – 18 April 2024. (An/AH)