PSR ke-33 UIN RIL Sukses Digelar

  • Admin Humas
  • Sabtu, 02 Maret 2024
  • 192 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Perkemahan Songsong Ramadhan (PSR) se-Sumatera Jawa ke-33 yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) berlangsung sukses.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung pada 27 Februari hingga 2 Maret 2024 ini ditutup dengan acara puncak Malam Rimbaku Trisila, Jumat malam (01/02/2024). 

Walikota Bandar Lampung yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Bandar Lampung, Iwan Gunawan, hadir menutup acara tersebut.

Iwan berharap, kegiatan seperti ini dapat selalu diadakan guna mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka dalam mencetak generasi bangsa yang berkarakter, handal, dan kreatif. Tidak hanya cerdas, tapi juga tangguh berkepribadian luhur, ucapnya.

Sementara Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, mengatakan, “Perkemahan Songsong Ramadhan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari agenda tahunan kita. Perkemahan Songsong Ramadhan tidak hanya menjadi wadah untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan dalam berkegiatan di alam terbuka, tetapi juga sebagai sarana untuk memperkuat tali persaudaraan antar sesama pramuka dari berbagai daerah di Sumatera dan Jawa.”

Dalam kesempatan tersebut, Rektor selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 09-29 dan 09-30 Racana Raden Imba Kesuma Ratu dan Putri Sinar Alam berpesan untuk terus menanamkan semangat kebersamaan, kepedulian terhadap alam, serta nilai-nilai kejujuran, disiplin,dan tanggung jawab yang telah menjadi landasan utama gerakan pramuka.

“Seiring dengan berakhirnya Perkemahan Songsong Ramadhan ke-33 ini, marilah kita menjaga semangat kebersamaan, kepedulian, dan ukhuwah Islamiyah yang telah terjalin dengan baik. Jadikanlah nilai-nilai kebaikan yang kita tanamkan selama kegiatan ini sebagai pijakan untuk terus berbuat yang terbaik bagi agama, bangsa, dan negara,” tandas Rektor.

Penutupan berlangsung meriah, diawali dengan penampilan tari Sumur Putri oleh anggota Pramuka UIN RIL yang berhasil membuat decak kagum para peserta PSR yang terdiri dari ratusan penegak dan pandega se-Sumatera Jawa, serta para tamu undangan yang hadir.

Pembagian hadiah dari beragam giat penunjang dan giat prestasi pun dilakukan di akhir acara penutupan. Juara umum bergilir penegak putra ditorehkan oleh MAN 1 Bandar Lampung, sedangkan Juara umum bergilir penegak putri ditorehkan oleh MAN 1 Metro. (An/AH)