Home » Berita » Forum PTIPD PTKIN Rancang Master Plan IT

Forum PTIPD PTKIN Rancang Master Plan IT


Direktur PTKI Ditjen Pendis Kementerian Agama Prof. Dr. M. Arskal Salim, GP, MAg pada forum PTIPD PTKIN, Rabu (13/3). (Dok: Istimewa)

Humas UIN RIL – Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) mengapresiasi forum Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendis Kementerian Agama Prof Dr M Arskal Salim GP MAg pada forum tersebut di Jakarta, Rabu (13/3/2019). “Forum (PTIPD) ini merupakan kolaborasi yang sangat penting, karena kita sudah berada di era revolusi  4.0 dan smart society,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada seluruh PTKIN untuk bersama-sama merancang master plan IT agar mendapatkan layanan IT yang baik. Di samping itu, pembangunan dan pengembangan aplikasi IT yang ada di lingkungan Kementerian Agama untuk dapat diterapkan PTKIN guna pelayanan dan menciptakan good government.

Foto bersama Perwakilan Kementerian Agama, PTKIN, dan Stakeholder lainnya. (Dok: Istimewa)

Ketua Forum PTIPD PTKIN Dr Syafrimen mengatakan, pertemuan tersebut untuk merumuskan standar IT PTKIN. “Rumusan (master plan) ini untuk menuju smart campus melalui kolaborasi kepakaran yang ada di PTKIN dan berbagai institusi di luar PTKIN,” kata Syafrimen yang juga Kepala PTIPD UIN Raden Intan Lampung ini.

Forum tersebut juga didukung oleh salah satu BUMN yaitu PT Pgas Telekomunikasi Nusantara (PgasCom). PgasCom adalah anak perusahaan dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Pgascom mendukung dalam bidang pendidikan dan sudah melayani di beberapa perguruan tinggi seperti di Unila, UIN, Itera dan beberapa perguruan tinggi lainya.

Direktur Utama PgasCom Dwika Agustianto menyampaikan, pihaknya siap mendukung pengembangan IT dari setiap perguruan tinggi. “Pengembangan IT sudah menjadi kebutuhan strategis, dan IT menjadi tulang punggung untuk kehidupan. Pendidikan, pemerintah, perdagangan dan lain-lain sudah memiliki ketergantungan fundamental terhadap IT,” katanya dalam acara tersebut.

Forum tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait di Kementerian Agama, perwakilan dari seluruh PTKIN, dan stakeholder lainnya. (NF/HI)

 

 

Sudah dibaca : 210 Kali