Home » Berita » Pusba Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris SDM UIN

Pusba Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris SDM UIN


Humas UIN RIL – Pusat Pengembangan Bahasa (Pusba) UIN Raden Intan Lampung gelar pelatihan English Conversation pada 16-27 Juli 2018. Pelatihan ini diselenggarakan di gedung Pusba dan ruang sidang rektorat lt 3.

Kepala Pusba Bambang Irfani MPd mengatakan kegiatan tersebut diikuti 120 peserta yang terdiri dari unsur pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan. “Tahun lalu telah diselenggarakan kegiatan seperti ini dan ada juga peserta dari tahun lalu untuk lanjutan,” ujar Bambang saat pembukaan pelatihan, Senin (16/7).

Pelatihan tersebut dibagi menjadi 2 termin. Termin pertama dilakasanakan 16 -20 Juli 2018 diikuti 60 orang dari unsur pimpinan dan dosen, dibagi ke dalam 2 kelas. Termin berikutnya 23-27 Juli, juga berjumlah 60 orang, dibagi 2 kelas dan pesertanya dari unsur dosen dan tenaga kependidikan.

Bambang menjelaskan, kegiatan tersebut setiap harinya berlangsung selama 3 jam. Tujuan pelatihan tersebut untuk memberikan ruang dan mengasah kemampuan peserta dalam berkomunikasi dalam bahasa Ingggris.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, baik dari dosen maupun tendik (tenaga kependidikan). Dapat dikatakan juga untuk memoles dan membiasakan peserta untuk berbahasa Inggris,” tambahnya.

Berkomunikasi dengan bahasa asing, bahasa Inggris salah satunya menjadi suatu kebutuhan dari perkembangan dunia saat ini. UIN sebagai lembaga pendidikan yang menuju tinggat internasional pun dirasa perlu untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang begitu cepat.

Rektor Prof Dr H Moh Mukri MAg yang berkesempatan membuka pelatihan tersebut menyampaikan kepada peserta untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang baik itu. Menurutnya, pelatihan English Conversation ini berguna untuk melancarkan percakapan dalam berbahasa Inggris dan menambah rasa percaya diri.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kapasitas diri. Paling tidak dapat berguna jika kita berkesempatan ke luar negeri atau ada tamu asing. Saat ini kita ini butuh berbahasa Inggris praktis meskipun tidak sempurna,” pungkasnya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari lembaga kursus Connect yang terdiri dari Eric Campcell, Alice Crocker, dan Ade Gultom.  (NF/HI)

Sudah dibaca : 567 Kali