Ragam Aktivitas Jumat Sehat, Ramaikan Expo Hari Santri di UIN Raden Intan

  • Admin Humas
  • Jumat, 20 Oktober 2023
  • 410 Tampilan
blank
Senam bersama ramaikan Expo Hari Santri di UIN Raden Intan Lampung

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) meramaikan perhelatan Expo Kemandirian Pesantren se-Provinsi Lampung dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 dengan beragam aktivitas Jumat Sehat.

Aktivitas Jumat Sehat diawali dengan kegiatan senam bersama yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG), (20/10/2023). Senam bersama yang telah rutin digelar setiap Jumat di lingkungan kampus hijau UIN, kali ini dikelilingi puluhan stand Expo menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai Pesantren di Provinsi Lampung. 

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, seluruh pimpinan serta Sivitas Akademika UIN RIL antusias meramaikan giat tersebut.

Menurut Rektor, kegiatan ini tidak sekedar untuk kesehatan, namun juga sebagai bentuk menyukseskan dan memeriahkan Expo yang digelar dengan membeli produk hasil karya para santri dalam berwirausaha.

Nampak, usai pelaksanaan senam bersama, peserta melakukan transaksi pembelian beberapa produk yang ditampilkan dalam expo, diantaranya  ada yang menikmati kopi sholawat dari PP Miftahul Huda Mathlaul Anwar Lampung Barat. Juga tampak terjadi dialog antara peserta senam dengan santri penjaga stand PP Nurul Huda Muallim Pringsewu dengan produk unggulannya sayuran hidroponik dan olahan herbal. 

blank
Rektor dan jajaran pimpinan bersepeda bersama mengelilingi kampus hijau UIN Raden Intan Lampung

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan bersepeda bersama mengelilingi area kampus. Selain menikmati keindahan kampus hijau UIN Raden Intan Lampung, Rektor beserta para pimpinan melanjutkan aktifitas yaitu memberikan pakan ikan di embung.

Sebagaimana diketahui telah dilaksanakan ragam kegiatan dalam memperingati Hari Santri Nasional 2023 ini. Diantaranya, dimulai dengan Sholawat Kubro pada hari pertama pembukaan bersama Habib Asadullah Assegaf dan Tim Hadroh Noto Ati Hushshonul Wathon yang diikuti ribuan Sivitas Akademika UIN RIL dan para santri se-Provinsi Lampung. 

blank
Rektor Prof Wan Jamaluddin saat memberikan pakan ikan di embung

Kemudian kemeriahan menyambut Hari Santri ini, bersambung pada hari kedua diadakan pentas seni,  perlombaan nasyid dan hadroh serta pawai festival kebudayaan.

Pada 21 Oktober 2023, akan dilangsungkan istighosah kubro di Masjid Safinatul Ulum, serta nantinya, tepat pada 22 Oktober 2023 direncanakan akan diadakan Apel Hari Santri Nasional yang juga dihadiri Kakanwil Kemenag Lampung dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai inspektur apel. (An/AH)