Raker 2020, UIN Rumuskan Strategi Menuju Universitas Rujukan Internasional

  • Admin Humas
  • Sabtu, 29 Februari 2020
  • 1902 Tampilan
blank
Rektor UIN Raden Intan (kedua dari kanan), bersama narasumber Raker 2020.

UIN Raden Intan Lampung rumuskan strategi untuk menuju universitas rujukan internasional. Hal ini dibahas pada penutupan rapat kerja (raker) tahun 2020 di Yogyakarta, Jumat (28/2) malam.

Pada penutupan raker ini, diisi materi oleh Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Prof Fathul Wahid PhD dan Konsultan Lingkungan Priyo Wasono ST.

Rektor UIN Raden Intan Prof Dr Moh Mukri MAg mengatakan, kedua narasumber diundang pada raker kali ini sebagai salah satu upaya mewujudkan visi UIN sebagai kampus rujukan internasional, khususnya dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan.

“UII kita tahu merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia dan sudah go internasional. Selain itu, UII menempati peringkat ke-8 UI GreenMetric dan pertama untuk perguruan tinggi swasta,” kata Prof Mukri.

“Sedangkan terkait Mas Priyo (Konsultan Lingkungan), kita ingin mendengar arahan, agar pengelolaan lingkungan di kampus UIN (Raden Intan) berstandar internasional,” lanjutnya.

Rektor mengajak kepada peserta raker yang terdiri atas unsur pimpinan, untuk tetap membangun kebersamaan demi mewujudkan cita-cita bersama tersebut.

Raker 2020 mengusung tema Meningkatkan Sinergitas dan Produktivitas Unit Kerja Menuju Universitas Rujukan Internasional.

blank
Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro AAKK, bersama dengan narasumber Raker 2020.

Prof Fathul Wahid memaparkan, internasionalisasi merupakan soal kualitas. Menurutnya, kualitas ini yaitu faktor lulusan universitas.

Faktor lulusan ini pertama, kualitas lulusan yang meliputi etika, pengetahuan dan keterampilan. Kedua, kualitas artefak akademik yang meliputi hasil riset, gagasan akademik dan pendampingan publik. (NF/HI)