Home » Berita » Raker UIN Selesai, Ini Kesimpulan dan Rekomendasi Lengkapnya

Raker UIN Selesai, Ini Kesimpulan dan Rekomendasi Lengkapnya


HUMAS UIN RIL – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung telah selesai melakukan Rapat Kerja (RAKER). Setidaknya ada tiga poin rekomendasi yang akan dilakukan oleh sivitas akademika untuk mewujudkan target akreditasi A sebagaimana amanah Rencana Strategis (RENSTRA)  tahun 2017-2021.

Raker 2018 mengusung tema Akselerasi Kinerja Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Menuju Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul. Setidaknya ada tiga tahap yang dilakukan dalam raker tersebut. Tahap pertama pada 12 Maret 2018.

Tahap Pertama Rapat Kerja tahun 2018 ini berisi agenda pembukaan dan sosialisasi IKU oleh Tim perumus kepada seluruh unit kerja. Pada acara pembukaan, Ketua Pelaksana Prof. Dr. Hi. Faisal, SH, MH menyampaikan bahwa ini merupakan RAKER PERTAMA semenjak alih status dari IAIN ke UIN. Rapat kerja diikuti oleh 230 orang peserta, terdiri dari unsur pimpinan (Rektor, Wakil-wakil rektor, Dekan, Kepala Biro dan seluruh jajarannya, ketua-ketua lembaga, Kepala-kepala pusat, UPT hingga tingkat Jurusan), seluruh Senator UIN Raden Intan Lampung, serta para sesepuh di Lingkungan UIN Raden Intan lampung.

Selanjutnya dalam acara pembukaan juga Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Hi. Moh. Mukri, M.Ag menyampaikan poin-poin penting sebagai berikut:

  1. Raker ini merupakan Raker pertama semenjak alih status dari IAIN ke UIN Raden Intan Lampung. Penambahan dua fakultas baru “Saintek dan Adab” sudah dilakukan untuk pengembangan lembaga.
  2. Kerja harus detil (tersistem) mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
  3. Program harus punya acuan yang jelas, hal diukur dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) masing-masing unit kerja.

Menurut Rektor, UIN sudah terbukti mendapat kepercayaan masyarakat, Mindset dalam mengelola lembaga harus dirubah, bekerja harus sepenuh hati, mengelola lembaga dengan rasa cinta, tugas pokok harus terlaksana dengan baik, frekwensi dan gelombang kerja harus disamakan. Masing-masing unit kerja harus melaksanakan (breakdown) IKU Rektor secara terukur, militansi dan komitmen memajukan lembaga ini sangat diperlukan.

Sosialisasi IKU oleh tim Perumus kepada seluruh unit kerja.

Pada tahap ini Tim perumus yang dimoderatori oleh ketua Tim Dr. Deden Makbuloh, M. Ag, menyampaikan rancangan Kontrak Kinerja kepada masing-masing unit kerja sesuai dengan Kontrak Kinerja Rektor dengan Menteri Keuangan dan Meteri Agama. Kontrak Kinerja masing-masing pimpinan unit kerja merupakan breakdown kontrak Kinerja Rektor dengan dua kementerian tersebut yang memberikan fokus pada usaha pencapain Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul (A).

Raker Tahap Dua Dilaksanakan pada tanggal 13–16 Maret 2018.

Pada tahap ini masing-masing unit kerja melaksanakan Rapat Kerja lanjutan secara detil pada unit kerja masing-masing, untuk mengisi target-target kerja tahun 2018, dan memastikan semua target kerja tersebut adalah dalam rangka mencapai IKU Rektor.

Dinamika Rapat Kerja di tingkat unit terkait dengan pencapaian IKU rektor, perlu adanya maksimalisasi pemanfaatan sumberdaya manusia, aset, serta sistem perencanaan dan penganggaran untuk memfasilitasi semua program kerja dalam rangka mewujudkan output yang menunjang tujuan lembaga. Remunerasi sebagai salah satu reward yang diberikan kepada pegawai di lingkungan UIN RIL memerlukan akurasi bukti kinerja yang benar-benar real dilaksanakan di tingkat unit kerja, sebagai bukti bahwa kinerja tersebut betul-betul menunjang IKU Rektor. Pada tahap ini juga diberikan peluang revisi sederhana program kerja dalam RKT kepada seluruh unit kerja untuk memaksimalkan ketercapain IKU Rektor tahun 2018. Sekaligus merencanakan program kerja tahun 2019 untuk kesinambungan IKU tahun 2018.

Raker Tahap Tiga Dilaksanakan pada 20–22 Maret 2018

Tahap ini Raker dilaksanakan di hotel Seruni Kota Bogor. Untuk mewujudkan kebersamaan di kalangan warga UIN, perjalanan menuju Bogor dilakukan menggunakan tujuh armada Bis pada tgl 20 Maret 2018 yang langsung dipimpin oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung. Rektor memberikan amanat semasa melepas keberangkatan menuju lokasi, supaya senantiasa menjaga kebersamaan dan kekompakan, serta saling menjaga suasana kebatinan antara sesama warga UIN.

Untuk mempererat kebersamaan tersebut, motivasi militansi kerja, pagi ini tgl 21 Maret semua peserta Raker mengikuti OutBond bersama yang langsung dipandu oleh pimpinan UIN, untuk memotivasi para pegawai supaya ada militansi pelaksanaan tugas-tugas lembaga pada tahun anggaran 2018.

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Setelah membaca dan memperhatikan dinamika persidangan dan rumusan IKU tiap unit kerja, disimpulkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Raker UIN Raden Intan Lampung Tahun 2018 merupakan momentum strategis untuk menyamakan frekwensi, percepatan penguatan lembaga menuju akreditasi unggul.
  2. Pencapaian IKU masing-masing unit kerja merupakan pekerjaan kolektif yang memerlukan sinergi solid seluruh unit kerja di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.
  3. Setiap unit kerja perlu menyusun program kerja prioritas, terukur, berkesinambungan dan berorientasi pada pencapaian target IKU untuk mewujudkan akreditasi unggul. (FM/HI)

 

Sudah dibaca : 541 Kali