Home » Berita » Ranking Webometrics, UIN RIL Berada di Tiga Besar PTKIN

Ranking Webometrics, UIN RIL Berada di Tiga Besar PTKIN

Sudah dibaca : 1105 Kali


Tampilan website Webometrics.

UIN Raden Intan Lampung (RIL) menempati posisi ketiga untuk untuk lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia per-Juli 2021 berdasarkan situs penilai webometrics.

Posisi ini ini naik satu peringkat dari Januari 2021 yang berada diposisi ke-4. Saat ini UIN RIL berada di tiga besar bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Per-Juli 2020 UIN RIL masih berada diurutan ke-7. Sebelumnya, pada Januari 2020 berada diposisi ke-10 dan Juni 2019 diposisi ke-22 lingkup PTKIN.

Untuk peringkat perguruan tinggi se-Indonesia, per-Juli 2021 UIN RIL berada diposisi ke-60. Peringkat ini naik dari Januari 2021 yang berada diperingkat 72 dan posisi ke-79 pada penilaian per-Juli 2020.

Peringkat UIN RIL terus tunjukkan tren positif dari tahun-tahun sebelumnya. Pada Januari 2020, UIN RIL berada diperingkat ke-130. Sedangkan pada Juni 2019 masih menempati posisi 224 dan Januari 2019 diposisi ke-284.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan rasa syukur atas peningkatan tersebut. Dia menjelaskan, meski dalam kondisi pandemi, sivitas akademika UIN RIL masih dapat produktif dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

“Alhamdulillah. Peningkatan posisi di webometrics ini tentunya suatu kabar baik. Ini merupakan indikator mengenai perkembangan  kampus kita. karena situs penilai ini, menilai dengan penilaian yang objektif. Dan ini pengakuan dari pihak luar,” kata Rektor.

Dia juga mengingatkan kepada sivitas akademika agar peningkatan peringkat ini sebagai bentuk motivasi untuk terus produktif dan melakukan yang terbaik. “Saya harus pastikan dan sering saya ingatkan bahwa kita (UIN RIL) akan terus berbenah untuk memberikan pelayanan yang optimal dan meningkatkan mutu akademik serta kemahasiswaan,” imbuh Prof Mukri.

Webometrics merupakan suatu perangkat sistem atau inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web. Pemeringkatan ini dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas dan dampak dari publikasi web.

Webometrics melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 22 ribu Perguruan Tinggi di seluruh dunia. Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian webometrics ini, yaitu: Presence, Impact, Openness, dan Excellence. (NF/HI)