Rayakan Sukan Irsyad di Thailand, Mahasiswa UIN Kenalkan Batik dan Kain Tapis Lampung

  • Admin Humas
  • Senin, 21 Agustus 2023
  • 329 Tampilan
Mahasiswa KKN Internasional saat mengenalkan kain tapis di Perayaan Sukan Irsyad Thailand

Yala (Humas UIN RIL) –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional UIN Raden Intan Lampung (RIL) mengikuti kegiatan Sukan Irsyad yang diselenggarakan oleh Sekolah Raudhatul Irsyad Kedai Lama di Yala, Thailand Selatan, Sabtu (19/08/2023). 

Dalam kegiatan ini, lima orang mahasiswa UIN RIL turut serta dengan mengenakan pakaian batik ditambah aksen peci dan selempang tapis Lampung sebagai ciri budaya Indonesia.

Sukan Irsyad merupakan kegiatan perayaan hari jadi Sekolah Raudhatul Irsyad Kedai Lama yang sudah berdiri sejak empat puluh tahun yang lalu. Namun, untuk perayaannya sendiri dirayakan sejak dua puluh tahun silam, dan pada tahun ini merupakan perayaan ke-21. 

Zaki, selaku tenaga pengajar di sana menjelaskan, awal mula sekolah ini berdiri hanya mendapatkan empat murid saja. Namun, seiring berjalannya waktu, per 2023 ini, jumlah siswa meningkat mencapai 545 orang. 

“Kami terus berupaya memberikan pembinaan Islami kepada siswa dan siswi dari Sekolah Taman Kanak-kanak dan juga Sekolah Dasar. Semula hanya terdapat empat orang saja, hingga kini berhasil mencapai 545 orang,” ungkapnya saat diwawancarai.

Bersama dengan peserta Sukan Irsyad, mahasiswa UIN RIL berjalan membentuk arak-arakan yang dimulai dari halaman Sekolah Irsyad. Kemudian berjalan menelusuri kawasan kota dan berakhir di lapangan Jamiah Islam Syekh Daud Al-Fathani (JISDA).

Di sana, mereka melanjutkan kegiatan berupa pentas dan seni yang ditampilkan oleh anak-anak. Selain itu, pembagian hadiah juga dilakukan untuk perlombaan-perlombaan sebelumnya yang sudah dilaksanakan oleh pihak Sekolah Irsyad. 

Mahasiswa UIN RIL juga berkesempatan terlibat dalam penampilan pentas seni berupa Silat yang ditampilkan oleh Fakhurrazi, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Selain itu, Abdul Aziz, mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam berkesempatan untuk memberikan hadiah bagi para pemenang perlombaan yang diadakan oleh Sekolah Irsyad sebagai perwakilan dari Mahasiswa Indonesia.

Dalam perayaan yang mengusung tema “Pikiran yang Jernih untuk Badan yang Sehat” ini, 540 siswa dibagi ke dalam empat kelompok. Terdiri dari Kelompok Biru Takram, Kelompok Merah Ghofira, Kelompok Hijau Zelena, dan Kelompok Merah Muda Mafero. 

Rep: Abdul Aziz (An/AH)