Rektor Ajak Dosen dan Mahasiswa untuk Berkolaborasi dalam Menulis Karya Ilmiah

  • Admin Humas
  • Rabu, 28 September 2022
  • 474 Tampilan
Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD saat memberikan sambutan. –

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD, ajak dosen dan mahasiswa untuk membangun pola interaksi dan interelasi, hubungan yang baik secara harmonis, dan kolaboratif dalam melahirkan publikasi karya ilmiah bersama.

Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Mutu Akademik Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung (RIL) yang diinisiasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) di Meeting Room Gedung Academic dan Research Center Lt.1, Selasa (27/09/2022).

Selaras dengan tujuan dari pelatihan tersebut yakni untuk memberikan pendampingan kepada dosen dan mahasiswa agar dapat melahirkan publikasi ilmiah bersama antara mahasiswa dan dosen untuk menunjang akreditasi program studi dan institusi UIN RIL.

“Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sebatas kegiatan pelatihan, tetapi betul-betul terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujar Prof Wan.

Kalau ini (kolaborasi) secara masif dilakukan bersama-sama, sambungnya, maka cita-cita menjadi salah satu institusi Pendidikan Tinggi Keislaman yang unggul, maju dan kompetitif, serta menjadi rujukan internasional pada tahun 2035 insyaAllah akan kita capai.

Antusiasme para dosen dan mahasiswa mengikuti pelatihan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari (27-28/9), diikuti sebanyak 55 orang yang terdiri dari 37 mahasiswa yang akan dibimbing oleh 18 dosen.

Hadir sebagai narasumber, Prof Dr Ir Istadi ST MT, tim Pakar BRIN dan Kemendikbudristek pada Akreditasi Jurnal Nasional (ARJUNA), yang menyampaikan best practice sistem pembimbingan riset mahasiswa, etika publikasi dan plagiarisme dalam karya publikasi ilmiah.

Prof Istadi, yang juga Guru Besar Universitas Diponegoro dan telah melahirkan banyak karya akademik, juga memberikan Experience Sharing dalam menulis artikel ilmiah yang baik dalam jurnal bereputasi dan juga bagaimana teknis merevisi artikel agar dapat accepted (diterima oleh pengelola jurnal) serta bagaimana cara memilih target jurnalnya.

Ketua LPM, Dr Sudarman MAg, menuturkan kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan jumlah publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa sebagai pendukung reakreditasi 8 prodi 2023 mendatang.

“Kita berharap kegiatan ini menghasilkan karya yang nantinya dipublikasikan paling tidak di jurnal bereputasi dan berskala internasional, lebih merasa bersyukur lagi, jika dapat terindeks Scopus,” harap Sudarman. (An/HI)