Home » Berita » Rektor Ajak DPL KKN Tulis dan Promosikan Potensi Lampung

Rektor Ajak DPL KKN Tulis dan Promosikan Potensi Lampung


Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag saat menyampaikan sambutan pada Training of Trainer (ToT) DPL KKN 2019, Sabtu (6/7).

Humas UIN RIL — Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg mengajak Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk menulis segala potensi yang ada dilokasi KKN. Menurutnya, Lampung sangat kaya dengan budaya, bahasa, alam dan hasil buminya.

“Setiap daerah pasti ada sesuatu yang genuine seperti wisata alam dan lain sebagainya. Di Lampung masyarakatnya sangat plural, dari sisi agama, sisi etnis, sisi budaya. Lampung ini kaya,” kata Prof Mukri saat menyampaikan sambutan pada pada Training of Trainer (ToT) DPL KKN di ruang seminar rektorat, Sabtu (6/7/2019).

Guru besar Ushul Fikih ini juga berpesan kepada DPL agar menyampaikan tentang moderasi beragama di lokasi KKN maupun dalam laporan. Laporan DPL KKN nantinya akan dibuat narasi dan artikel ilmiah untuk dapat ter-publish di jurnal-jurnal penelitian dan pengabdian.

“Laporan  dalam bentuk artikel ilmiah ini, tentunya bukan hanya untuk kenaikan pangkat atau memenuhi tugas sebagai dosen, tapi juga dapat mempromosikan kekayaan dan potensi Lampung,” ujarnya.  

Selain itu, Prof Mukri berharap agar DPL dan mahasiswa KKN nantinya dapat memberi solusi dari permasalahan yang ada pada masyarakat tersebut.

Foto bersama Rektor, Narasumber, Ketua LP2M dan jajaran, serta peserta ToT DPL KKN 2019.

Terkait dengan laporan DPL KKN, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof Dr Nasor MSi menyampaikan, mulai tahun ini, LP2M berupaya mendorong DPL untuk membuat lapotan dalam bentuk artikel ilmiah.

“Artikel ilmiah ini nanti dapat dipublish di jurnal-jurnal pengabdian. Akan banyak manfaatnya jika artikel ini dapat terpublish. Karena ini juga bagian dari pengabdian para dosen,” kata Prof Nasor.

Sebanyak 146 dosen terdaftar sebagai DPL untuk mengikuti ToT KKN 2019. Narasumber pada ToT ini yaitu Dr Abdul Muhib dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan tersebut mengusung tema KKN Sebagai Model Penelitian Transformatif Menuju Artikel Berkualitas.

KKN gelombang 1 dijadwalkan mulai pada pertengahan Juli 2019 dan diikuti oleh 3293 mahasiswa yang terbagi ke dalam 249 kelompok. Lokasi KKN tersebar di 3 Kabupaten, yaitu Tanggamus, Lampung Timur dan Pesawaran. Di Kabupaten Pesawaran, tahun ini baru fokus di Pulau Legundi dan ini merupakan bagian dari program Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI. (NF/HI)       

Sudah dibaca : 598 Kali