Home » Berita » Rektor Ingatkan Mahasiswa untuk Fokus Studi di PBAK 2021

Rektor Ingatkan Mahasiswa untuk Fokus Studi di PBAK 2021

Sudah dibaca : 544 Kali


UIN Raden Intan Lampung selenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2021 secara virtual. PBAK berlangsung melalui aplikasi e-learning UIN Raden Intan Lampung dan Zoom serta ditayangkan secara langsung pada kanal YouTube dan fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung pada 31 Agustus-3 September 2021.

“Meski secara daring, semoga PBAK ini dapat berjalan dengan khidmat, lancar, dan tersampaikan maksud serta tujuan dari kegiatan ini,” kata Rektor Prof Dr Moh Mukri MAg saat membuka kegiatan PBAK 2021.

Menurutnya, pandemi Covid-19 menjadi pelajaran bagi kita semua khususnya dalam dunia pendidikan untuk siap berinovasi dan beradaptasi terhadap perkembangan zaman dan segala kemungkinan. “Kita sebagai kaum intelektual juga harus dapat memberi contoh dan teladan dalam menyikapi pandemi ini,” ujar Prof Mukri.

PBAK, lanjut Rektor, merupakan babak baru dan langkah awal menjadi bagian dari keluarga besar UIN Raden Intan Lampung. “Ibarat sebuah bahtera, masuknya penumpang baru tentu layak mendapat sambutan hangat dari para awak sebagai permulaan untuk penjelajahan mencapai tujuan bersama, yakni cita-cita besar UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus asri bernuansa akademis dan bersuasana religius yang menjadi rujukan internasional,” paparnya.

Rektor mengingatkan kepada mahasiswa untuk fokus dalam studi. Dia memamparkan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kegagalan studi sebagian mahasiswa. Beberapa kasus ditemukan bahwa mereka yang gagal dalam studinya di perguruan tinggi bukan karena ketidakmampuan intelektual (IQ), melainkan karena kegagalan menata emosinya, baik secara intrapersonal, apalagi secara interpersonal.

Prof Mukri juga menyampaikan capaian-capaian dan prestasi yang diraih UIN Raden Intan Lampung. “Peningkatan dan berbagai capaian serta penghargaan yang di dapat kampus hijau ini pun semakin meneguhkan niat dan keinginan besar kita bersama untuk segera menjadi kampus bertaraf Internasional,” lanjutnya.

“Selamat bergabung dalam Bahtera Ilmu UIN Raden Intan Lampung. Samudera ilmu telah terbentang di hadapan Anda, maka temukanlah kreativitas Anda dan rancanglah masa depan Anda. Kuasai bahasa asing (Arab/Inggris) sebagai jendela dunia! Bekali diri dengan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi! Kenali beragam wahana pengembangan potensi diri, dan ukirlah prestasi dalam berbagai bidang dan kegiatan positif,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PBAK 2021 yang diwakili Kepala Biro AAKK Drs Jumari Iswadi MM melaporkan bahwa PBAK yang mengusung tema Kampus Hijau untuk Generasi Emas Berprestasi ini diikuti oleh 5776 mahasiswa sebagai peserta.

“Tujuan dari PBAK ini yaitu memberikan pengetahuan dan pengalaman awal tentang hal-hal pokok yang berkaitan dengan dunia pendidikan tinggi. Dengan demikian mahasiswa baru akan siap sebagai masyarakat ilmiah yang berkarakter dan dapat melaksanakan fungsinya secara optimal,” papar Jumari.

Adapun materi dan narasumber dalam PBAK ini terdiri dari materi universitas dan kefakultasan. Materi universitas diantaranya kata sambutan dari Menteri Agama RI; Visi, Misi, Program dan Tujuan UIN Raden Intan Oleh Rektor; Penguatan Potensi Akademik Mahasiswa Menuju Generasi Emas oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI; Moderasi Beragama dan Jati Diri Kementerian Agama oleh Direktur PTKI Kementerian Agama; Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama oleh Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag RI; Pemahaman Bahaya Narkotika oleh BNN Provinsi Lampung; Pendidikan Anti Korupsi; dan Anti Radikalisme oleh Polda Lampung.

Sedangkan materi kefakultasan meliputi Visi dan Misi Fakultas; Sistem Perkuliahan dan Penyusunan KRS; Materi Teknik Belajar di Perguruan Tinggi; dan materi dari Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTPID). Peserta PBAK juga dikenalkan dengan organisasi kemahasiswaan yang berada di kampus UIN untuk mengembangkan minat bakat dan softskill.

Seluruh materi tersebut dapat diunduh pada aplikasi e-learning UIN Raden Intan Lampung dan untuk mengukur keaktifan, seluruh peserta diwajibkan untuk mengisi presensi per-sesi dan feedback setiap hari usai pelaksanaan PBAK pada aplikasi yang sama di laman https://elearning.radenintan.ac.id/. Tutorial penggunaan elarning dapat diakses melalui laman https://bit.ly/TutorialPresensiPBAK. (NF/HI)