Home » Berita » Rektor Lepas Peserta PPL Daring di Ruang Terbuka

Rektor Lepas Peserta PPL Daring di Ruang Terbuka


Rektor Prof Dr Moh Mukri MAg melepas secara resmi peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung tahun 2020, Selasa (6/10).

Pelepasan ini dihadiri perwakilan mahasiswa peserta PPL di halaman lingkungan kampus UIN secara simbolik. Kegiatan ini juga diberlangsung secara daring melalui aplikasi Zoom serta ditayangkan di kanal YouTube dan fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung.

Rektor mengapresiasi penyelenggaraan PPL secara daring. Menurutnya, dalam masa Pandemi Covid-19 ini, sivitas akademika harus berupaya optimal dan melakukan terobosan terkait proses belajar mengajar seperti PPL daring ini.

“Pandemi ini, kita belum tau kapan berakhir. Mari kita ambil hikmah dari pandemi ini. Kita harus mampu mengedukasi masyarakat, bukan malah menakut-nakutinya. Kita harus tetap optimis dan semangat dalam suasana apapun,” ungkapnya.

Prof Mukri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah dan dewan guru yang menerima mahasiswa PPL UIN di sekolah masing-masing. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru di sekolah. Semoga kerja kita ini menjadi amal soleh untuk kemajuan bangsa Indonesia khususnya provinsi Lampung,” tambahnya.

PPL berlangsung selama 40 hari dan akan dilakukan penarikan mahasiwa dari sekolah pada 16 November 2020. Tercatat sebanyak 1937 mahasiswa peserta PPL 2020 dan terbagi ke-133 sekolah di semua tingkatan mulai dari PAUD sampai SMA/Sederajat di Bandar Lampung dan sekitarnya.

Tangkapan layar YouTube UIN agenda Pelepasan PPL 2020.

Dekan FTK Prof Dr Nirva Diana MPd mengatakan, PPL ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi dan tanggung jawab FTK terhadap pembangunan SDM. “PPL merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional. Sebelumnya, mahasiswa sudah dibekali teori untuk mengajar selama 6 semester. Tentunya (PPL) juga diberi arahan dan motivasi dari guru di sekolah, guru pamong  dan dosen pembimbing lapangan,” terangnya.

Dia berharap, peserta PPL dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan arahan serta teknis pembelajaran di setiap sekolah selama masa pandemi, serta menjaga nama baik almamater. (NF/HI)

Sudah dibaca : 1484 Kali