Home » Berita » Rektor Pesankan Peserta PPSL Beri yang Terbaik untuk Bangsa dan Negara

Rektor Pesankan Peserta PPSL Beri yang Terbaik untuk Bangsa dan Negara

Sudah dibaca : 186 Kali


Pembukaan Kegiatan PPSL Luar Negeri di UIN RIL, Jumat (26/11/2021).

Rektor Prof Dr Moh Mukri MAg sampaikan doa dan harapan kepada peserta Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri yang mendapat penempatan di UIN Raden Intan Lampung (RIL).

Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan PPSL, Jumat (26/11/2021). PPSL dijadwalkan akan berlangsung 25 November – 22 Desember 2021.

“Tidak banyak orang yang mendapat kesempatan seperti kalian. Bismillah, persiapkan diri kalian dan lakukan dengan sebaik-baiknya,” kata Prof Mukri kepada peserta calon penerima beasiswa luar negeri ini.

Sebanyak 12 peserta yang mengikuti PPSL di UIN RIL. Ke-12 peserta ini merupakan dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang berasal dari UIN Walisongo 1 orang, UIN Alauddin Makassar 3 orang, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 1 orang, UIN Mataram 2 orang, UIN Antasari Banjarmasin 1 orang, IAIN Pontianak 1 orang, IAIN Ternate 1 orang, Institut Parahikma Indonesia 1 orang, dan Universitas Islam Makassar 1 orang.

Rektor berharap kepada peserta PPSL ini dapat mengabdi untuk agama, bangsa, dan negara. “Kita harus dapat memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” harapnya.

Dia juga turut menyampaikan doa kepada peserta untuk bisa bermanfaat dan sukses dunia akhirat. “Jangan lupa mohon doa kepada orang tua. Meskipun tanpa diminta, orang tua selalu mendoakan anak-anaknya,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator PPSL UIN RIL Kamran Lc MSi memaparkan komponen materi yang akan disampaikan dalam program tersebut. Materi yang akan disampaikan diantaranya Proposat Riset; Kemahiran Berbahasa (IELTS dan EAP); Tips Meraih Beasiswa, Pengenalan Budaya, dan Seluk Beluk Studi Luar Negeri; Sharing dan Info Sessions; serta Wawasan Kebangsaan dan Moderasi beragama.

Kamran menjelaskan, pembelajaran dilakukan secara full satu hari dari Senin-Jum’at pukul 08.00-16.00 wib. “Sabtu optional bisa berupa pembelajaran sambil cultural visits. Aktifitas pembelajaran di dalam kelas dan Luar kelas,” pungkas Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN RIL ini.

Rektor UIN beserta jajaran pimpinan dan mentor, foto bersama dengan peserta PPSL S3 Luar Negeri.

Sebelumnya, UIN RIL ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) PPSL S2/S3 Luar Negeri bersama 10 UIN lainnya. Ketetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan PPK Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 6364 Tahun 2021 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2/S3 Luar Negeri Tahun Anggaran 2021 tertanggal 8 November 2021. (NF/HI)