Rektor Tekankan Ormawa untuk Berorientasi Pada Visi Besar UIN

  • Admin Humas
  • Sabtu, 28 Mei 2022
  • 1073 Tampilan
Rektor Prof. Wan Jamaluddin (tengah) didampingin WR III dan Sekretaris SEMA-U pada Rakor Bidang Kemahasiswaan 2022.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin PhD menekankan kepada Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) agar setiap kegiatan dan program berorientasi pada visi besar kampus.

Visi kampus yaitu terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Kemahasiwaan di Wiragarden, Bandar Lampung, Sabtu (28/5/2022). Rakor tersebut berlangsung selama 2 hari pada 28-29 Mei 2022.

Para Pengurus Ormawa yang hadir terdiri dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus (UKK), Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U), SEMA-Fakultas, Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Turut serta pada Rakor ini Wakil Rektor (WR) III, para Wakil Dekan (WD) III, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, dan Kasubbag Kemahasiswaan beserta staf.

Rektor mengajak para Pengurus Ormawa ini untuk membangun visi besar bersama tersebut. “Kita harus memahami tujuan besar dari almamater yang kita cintai. Kita terjemahkan ke dalam visi, misi, dan program dibidang kemahasiswaan,” paparnya.

Prof Wan memaparkan program prioritas dari kepemimpinan nya yakni internasionaliasi, digitalisasi, dan kemandirian lembaga. “Ini harus dijadikan semangat bersama. Kita harus seirama dan satu gerakan,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengingatkan kepada para aktivis mahasiswa itu untuk terus belajar dan tidak mudah menyerah. “Kalo ingin punya capaian dan prestasi besar, tidak ada yang dicapai dengan instan. Semua dicapai dengan proses dan perjuangan. Jangan memenjarakan diri kita dengan keluh kesah. Mari tingkatkan kapasitas diri. Belajar dengan para pembina, pimpinan, atau siapapun yang menginspirasi,” ungkapnya.

Rektor juga berharap, kegiatan ini dapat membangun keakraban antar Pengurus Ormawa dengan para pimpinan fakultas dan universitas demi terwujudnya visi tersebut.

Senada dengan Rektor, WR III Dr Idrus Ruslan MAg menyampaikan, agar Rakor ini dapat menjadikan landasan bersama dalam mengembangkan masing-masing Ormawa, tentunya berkontribusi dalam memajukan kampus UIN Raden Intan Lampung. Dia juga menekankan kepada peserta Rakor untuk dapat menyampaikan hasil Rakor tersebut kepada para pengurus dan anggota Ormawa.

Foto bersama Amiruddin Kuba bersama jajaran Pimpinan UIN dan Pengurus Ormawa.

Pada Rakor ini, para Pengurus Ormawa juga dibekali materi mengenai Fungsi dan Tugas Ormawa yang sampaikan oleh Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama RI, Amirudin Kuba PhD. Kemudian materi mengenai Admistrasi Perencanaan dan Keuangan yang disampaikan Kasubbag Perencanaan dan Kasubbag Kemahasiswaan UIN Raden Intan Lampung.

Para WD III juga menyampaikan materi mengenai keorganisasian, kemahasiswaan, dan akademik. Selain itu, peserta juga mengikuti kegiatan outbound dengan harapan dapat terbangun kebersamaan dan menjadi tim yang solid. (NF/HI)