Rektor UIN Buka FGD Tematik RPJMD Lampung

  • Admin Humas
  • Jumat, 19 Juli 2019
  • 1751 Tampilan
blank
Rekor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag saat menyampaikan sambutan di FGD Tematik RPJMD 2019-2024 provinsi Lampung, Kamis (19/7).

Humas UIN RIL – Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan bahwa sudah saatnya pemerintah melakukan berbagai upaya untuk merevitalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan masyarakat.

Hal ini disampaikan pada Focuss Group Discussion (FGD) tematik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 provinsi Lampung di ruang seminar rektorat UIN Raden Intan, Bandar Lampung, Kamis (18/7).

FGD dengan tema Menciptakan Kehidupan Yang Religius (agamis), Berbudaya, Aman, dan Damai dinilai sangat tepat. “Tema tersebut menjadi diksi yang sungguh tepat jika dikaitkan dengan program pembangunan masyarakat Lampung ke depan. Tema tersebut sejatinya sudah memberikan dasar pijakan bagi proses pembangunan yang harus dilakukan oleh pemerintah,” jelas Prof Mukri.

Menurutnya, diksi tema FGD di atas menegaskan hirarki epistemologi bagi pembangunan masyarakat Lampung, yaitu: agama, kebudayaan, keamanan, dan kedamaian. “Masyarakat yang agamis (religius) akan melahirkan budaya yang unggul. Kebudayaan yang unggul mendatangkan keamanan. Dan pada gilirannya keamanan memungkinkan terciptanya kedamaian,” terangnya.

Guru besar bidang Ushul Fikih ini juga menyoroti apa yang telah dirumuskan oleh jajaran pemerintahan propinsi Lampung tersebut. Dalam hal ini, dia menyampaikan  tiga hal yaitu agama sebagai basis pembangunan (kebudayaan); agama sebagai dasar keamanan dan perdamaian; dan peran pemerintah dalam mewujudkan kehidupan yang damai.

“Pemerintah harus mengupayakan terwujudnya agama yang rahmatan lil alamin sebagai role model pengembangan kehidupan beragama di wilayah (Lampung) ini,” tambahnya.

Hadir pada FGD ini para pimpinan instansi vertikal, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan pondok pesantren, pemuka agama, dan OPD lingkup provinsi Lampung. FGD ini terlaksana atas kerjasama pemerintah provinsi Lampung dengan UIN Raden Intan Lampung.

FGD tematik ini mengangkat Misi nomor 1 dari 6 Misi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Misi 1 ini sendiri, terdiri dari 3 janji kerja yaitu, Pertama “Lampung Merawat Indonesia” sebagai upaya untuk memperkuat kerukunan hidup antar umat beragama. Kedua “Lampung Mengaji”, serta membentuk Pusat Studi Ilmu Quran. Ketiga “Lampung Kaya Festival” dimana Budaya Lampung sebagai daya tarik Festival, merawat kebudayaan lokal dan mengembangkan kesenian untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan. (NF/HI)