Safari Ramadan di Pringsewu, Rektor Ungkap Jasa Besar KH Ghalib

  • Admin Humas
  • Selasa, 19 Maret 2024
  • 248 Tampilan
blank
Rektor UIN Raden Intan Lampung saat Safari Ramadhan di Masjid Jami’ KH Ghalib Pringsewu

Pringsewu (Humas UIN RIL) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof H Wan Jamaluddin Z PhD menceritakan secara singkat mengenai jasa dan perjuangan patriot ulama dari Lampung yakni KH Ghalib. Hal ini disampaikan saat Safari Ramadhan di Masjid Jami’ KH Ghalib, Pringsewu, Senin (18/3/2024).

Safari Ramadan UIN Raden Intan Lampung pertama di tahun 1445 H/2024 M bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Lampung ke- 60. “Tanpa disengaja kegiatan ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-60. Kita masyarakat Lampung berutang jasa ke KH Ghalib. Beliau gugur sebagai syuhada dalam upaya berjuang terhadap penjajah Belanda pada agresi militer kedua tahun 1949,” ungkap Prof Wan.

Rektor merefleksikan dan mengajak generasi penerus serta semua elemen untuk bisa terus berbakti dan berkontribusi di masyarakat, daerah, maupun negara tercinta. Dia juga menyatakan, besar kemungkinan KH Ghalib ini berpeluang mendapat gelar Pahlawan Nasional seperti KH Ahmad Hanafiahsebelumnya.

Safari Ramadan merupakan program dari Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) LP2M UIN Raden Lampung. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua LP2M Prof Dr Kumedi Ja’far MH; Kepala P2M Dr Eko Kuswanto MSi; Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Hipni SE MM; Ketua Yayasan KH Ghalib KH Samsul Ma’arif dan keluarga besar; serta masyarakat sekitar Masjid Jami’ KH Ghalib.

Pada kesempatan itu, Rektor juga dihadiahi dokumen autentik peninggalan KH Ghalib. Dokumen tersebut diberikan perwakilan keluarga yakni Dr Farida Ariyani.

blank

Dr Farida Ariyani berharap kepada Rektor agar dokumen tersebut bisa bermanfaat. “Ini dokumen asli peninggalan KH Ghalib dan keluarga. Semoga bisa menjadi amal jariyah dan bermanfaat khususnya digunakan untuk penelitian,” pungkas Dr Farida yang juga pernah menjadi Tim Penerjemah Al-Qur’an berbahasa Lampung. (NF/AH)