Home » Berita » Samakan Persepsi, Sejumlah Dosen Ikuti ToT Islam dan Lingkungan Hidup

Samakan Persepsi, Sejumlah Dosen Ikuti ToT Islam dan Lingkungan Hidup


Foto bersama Dosen Pengampu Mata Kuliah Islam dan Lingkungan Hidup dengan sejumlah pimpinan UIN.

Sejumlah dosen pengampu mata kuliah Islam dan Lingkungan Hidup dari setiap fakultas di lingkungan UIN Raden Intan Lampung ikuti Training of Trainer (ToT). ToT Islam dan Lingkungan ini berlangsung di Ruang Sidang Rektorat, Senin (27/1/2020).

ToT tersebut diselenggarakan oleh Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) UIN Raden Intan Lampung. Kegiatan ToT dibuka oleh Wakil Rektor III Prof Wan Jamaluddin PhD mewakili Rektor.

Ketua TPKBBL Dr Eko Kuswanto mengatakan, ToT bertujuan untuk menyamakan persepsi para dosen pengampu mata kuliah Islam dan Lingkungan Hidup. “Hal ini juga upaya dalam akselerasi mewujudkan visi UIN Raden Intan Lampung,” terangnya. Visi UIN yakni terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi ini menambahkan, Islam dan Lingkungan Hidup merupakan mata kuliah wajib universitas yang akan diterapkan pada semester genap ini. “Diharapkan dosen akan menjadi jembatan untuk menyampaikan visi kampus UIN kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya,” tambah Eko.

Sementara itu, Kabag Umum UIN Puji Raharjo MHum yang juga hadir pada ToT ini menekankan agar para dosen tersebut dapat membangun kesadaran bersama khususnya kepada mahasiswa tentang pentingnya lingkungan hidup. “Islam mengajarkan agar kita peduli lingkungan. Dan kita harus praktekkan dalam kampus ini,” katanya.

Puji juga menyampaikan, dalam mewujudkan visi, UIN terus melakukan inovasi dalam bidang lingkungan hidup. Selain penyertaan dalam UI GreenMetric, tahun ini UIN juga akan menerapkan ISO 14001.

ISO 14001 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) merupakan sistem manajemen perusahaan yang berfungsi untuk memastikan bahwa proses yang digunakan dan produk yang dihasilkan telah memenuhi komitmen terhadap lingkungan, terutama dalam upaya pemenuhan terhadap peraturan di bidang lingkungan, pencegahan pencemaran dan komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan.

Tujuan ISO 14001 adalah untuk memungkinkan organisasi dari semua jenis atau ukuran untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan yang berkomitmen untuk bertanggung jawab pada lingkungan; seperti keberlanjutan sumber daya, pencegahan polusi, mitigasi perubahan iklim dan minimalisasi dampak lingkungan. (NF/HI)

Download WordPress Themes Free
Premium WordPress Themes Download
Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes Free
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
download lava firmware
Download Nulled WordPress Themes
lynda course free download

Sudah dibaca : 1043 Kali