Sambut 300 Mahasiswa, Pascasarjana Gelar PSAMB

  • Admin Humas
  • Senin, 28 Agustus 2023
  • 282 Tampilan
blank
Rektor, Kepala Biro AAKK dan jajaran pimpinan bersama 300 mahasiswa baru Program Pascasarjana UIN RIL

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) resmi menyambut mahasiswa baru melalui serangkaian Pengenalan Sistem Akademik Mahasiswa Baru (PSAMB) bagi Program Pascasarjana (PPs) Magister dan Doktoral Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Ballroom kampus Sukarame, Senin (28/08/2023) dengan mengusung tema “Dengan PSAMB kita lahirkan intelektual yang moderat”.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD membuka kegiatan PSAMB ini secara resmi. Rektor memberikan ungkapan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil lolos bergabung menjadi keluarga besar UIN Raden Intan Lampung.

“Selamat kepada para mahasiswa yang telah melalui segala seleksi dengan kompetitif, Bapak/Ibu adalah orang-orang pilihan untuk bergabung di sini (Pascasarjana UIN Raden Intan),” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Prof Wan menggaungkan semangat untuk menulis karya ilmiah. “Tidak ada kesuksesan melalui jalur instan, seluruhnya melalui tahapan dan proses yang tidak bisa instan,” pesan Rektor.

“Program Pascasarjana harus bisa tampil memberikan contoh dan terobosan-terobosan yang bisa menginspirasi fakultas dan prodi yang ada di UIN, bukan menjadi menara gading, tapi mercusuar, pelita yang menyinari dan memberikan arah, tujuan di sekelilingnya,” tandasnya.

blank
Rektor Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD saat berikan sambutan pada PSAMB, Senin (28/08)

Tahun ini, Program Pascasarjana menyambut 300 mahasiswa yang terdiri dari 230 mahasiswa S2 dan 70 mahasiswa S3. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pascasarjana yang diwakili oleh Wakil Direktur Pascasarjana, Dr Hj Heni Noviarita SE MSi.

Dalam laporannya, Heni mengungkapkan jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu dan merupakan hasil dari tahapan seleksi ketat yang telah dilewati oleh para mahasiswa. 

“Tahun 2023 ini, animo masyarakat untuk menjadi mahasiswa di Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung meningkat cukup signifikan dari tahun lalu,” katanya.

Dia menjelaskan, para mahasiswa telah melalui proses yang cukup ketat. Dari seleksi CAT (Computer Assisted Test), seleksi kemampuan berbahasa, hingga tes wawancara.

Heni dalam sambutannya juga mengajak kepada mahasiswa baru untuk mendukung tiga pilar UIN Raden Intan Lampung saat ini yakni Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Kemandirian Kampus.

Diawali dengan pemutaran video profil pascasarjana, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tentang gambaran umum pascasarjana. Kemudian,  PSAMB ini diisi dengan pemaparan materi tentang Penguatan Moderasi Beragama oleh Wakil Rektor III Prof H Dr Idrus Ruslan MAg. Para mahasiswa diharapkan menjadi intelektual dengan sikap moderat di lingkungan masing-masing.

Untuk diketahui, PSAMB merupakan proses kegiatan awal budaya akademik di tingkat pascasarjana agar mahasiswa tingkat studi lanjutan tersebut memahami kondisi yang berlaku di kampus UIN Raden Intan Lampung secara umum dan pascasarjana secara khusus.

Selain itu, melalui PSAMB dapat memberikan pengenalan yang komprehensif kepada mahasiswa baru pascasarjana mengenai kehidupan kampus, lingkungan akademik, fasilitas, norma-norma serta sumber daya yang tersedia yang didapatkan mahasiswa baru melalui acara keprodian. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro AAKK/Plt. AUPK Dr H Abdul Rahman MPd, para ketua prodi dan sekretaris prodi, kasubbag TU Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, dan pihak BNI. (An/AH)