Sambut Bulan Penuh Ampunan, Pramuka Gelar PSR ke-32 se-Sumatera Jawa

  • Admin Humas
  • Jumat, 03 Maret 2023
  • 1177 Tampilan
blank
Penyerahan Simbolis Giat Bakti oleh Ketua Harian Gudep 09-029 dan 09-030 didampingi oleh Ketua Harian Kwarda Lampung.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Raden Imba Kesuma Ratu dan Putri Sinar Alam dengan Gugus Depan (Gudep) 09-029 dan 09-030, menggelar kegiatan Perkemahan Songsong Ramadhan (PSR) ke-32 se-Sumatera Jawa Tahun 2023 di Bumi Perkemahan UIN Raden Intan Lampung.

Dengan mengusung tema “Melalui Perkemahan, Pramuka Siap Sambut Bulan Penuh Ampunan”, kegiatan tahunan ini diikuti oleh 407 peserta terdiri dari Penegak dan Pandega berbagai sekolah dan perguruan tinggi se-Sumatera Jawa.

Upacara pembukaan berlangsung dengan meriah ditandai dengan pemukulan bedug oleh Kepala Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung, Chusnunia Chalim MSi MKn PhD yang diwakili oleh Ketua Harian Kwarda Lampung, Dr Zainuri SAg MMPd dan Ketua Harian Gudep 09-029 dan 09-030 UIN Raden Intan Lampung, Dr Idrus Ruslan MAg yang disiarkan langsung melalui kanal Youtubedan FacebookUIN Raden Intan Lampung, Kamis (02/03/2023).

Rektor, Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD selaku Ketua Majelis Pembimbing Gudep 09-020 dan 09-030 dalam sambutan yang diwakili oleh Dr Idrus menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Reka Kerja PSR ke-32 atas terlaksananya kegiatan PSR.

“Laksanakanlah kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan profesional, dengan tetap memenuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku, baik dari institusi maupun dari Gerakan Pramuka, sehingga kegiatan Perkemahan Songsong Ramadhan ke-32 ini dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan,” tutur Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama ini.

Melalui kegiatan PSR, para peserta diharapkan dapat mengembangkan dan mengasah kemampuannya dalam berkreasi, kreatif, tegar, jujur, disiplin, dan mencintai negaranya.

Sementara sambutan Ka Kwarda Gerakan Pramuka Lampung yang disampaikan oleh Ketua Harian Kwarda Lampung mengatakan bahwa PSR merupakan wahana mempersiapkan diri sebagai anggota pramuka untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan sehingga dapat memaknai bulan Ramadhan.

blank
Foto bersama para peserta dan tamu undangan.

Anggota pramuka juga dituntut untuk peka terhadap perkembangan sosial kemasyarakatan dan bijak dalam bermedia sosial. “Sebagai anggota pramuka harus bisa menjadi contoh dan teladan untuk bisa berperan di tengah-tengah masyarakat menghadapi permasalahan dan kesenjangan sosial,” ujarnya.

Selain itu Ka Kwarda juga berpesan untuk meningkatkan kualitas diri sebagai anggota pramuka sampai ke jenjang Pramuka Garuda serta dapat mengamalkan tri satya dan dasa darma dalam kehidupan sehari-hari.

“InsyaAllah kalau itu diterapkan kita sebagai anggota pramuka, akan menuju bersama-sama dengan agama yang kita anut, menjadi pramuka yang madani dan menjadi manusia yang paripurna,” pesannya.

Kegiatan PSR ke-32 ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai 1 Maret hingga 5 Maret 2023 dengan berbagai giat diantaranya, kegiatan umum, kegiatan prestasi, giat materi, giat bakti, giat penunjang, giat rutin dan giat keagamaan. (An/HI)