Sambut Mahasiswa Baru, Pascasarjana Gelar PSAP

  • Admin Humas
  • Jumat, 02 September 2022
  • 870 Tampilan

Bandar Lampung (Humas) – Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) selenggarakan Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana (PSAP) untuk mahasiswa baru Program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3) Tahun Ajaran 2022/2023 di Ballroom kampus Sukarame, Jumat (2/9/2022).

Sebanyak 257 mahasiswa baru pascasarjana mengikuti kegiatan ini, yang terdiri dari 203 mahasiswa program Magister (S2) dan 54 mahasiswa program Doktoral (S3).

Direktur Pascasarjana, Prof Dr Ruslan Abdul Ghofur MSi mengatakan bahwa jumlah tersebut adalah hasil dari seleksi ketat yang dilakukan oleh pihaknya. “Dari 500 orang pendaftar yang berhasil lolos ujian CAT dan wawancara hanya 50% yang kita terima,” ujarnya.

Prof Opung, panggilan akrabnya, menambahkan bahwa hal ini adalah bagian dari penataan sistem di pascasarjana agar menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi.

Dia juga mengatakan, PSAP merupakan kegiatan yang bertujuan untuk pengenalan kampus agar mahasiswa baru mengenal lebih dekat dan mengetahui gambaran umum sistem akademik yang ada di pascasarjana.

“Kami segenap jajaran pengelola (pascasarjana) adalah partner Bapak/Ibu dalam meraih keberhasilan menempuh studi, mari kita bekerjasama dan bersama-sama menjadi intelektual yang memberikan banyak kemaslahatan dan sumbangsih bagi kebaikan dan kesejahteraan bangsa,” tutupnya.

Sementara itu Rektor UIN Raden Intan Lampung, yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr H Alamsyah MAg, dalam sambutannya mengharapkan agar para mahasiswa baru dapat menunjukkan prestasi akademik yang baik dan lulus tepat waktu.

“Untuk lulus tepat waktu, lakukan manajemen waktu, manajemen keluarga, juga manajemen mental dan emosional dalam penyelesaian perkuliahan,” tutur Prof Alamsyah.

Dia juga mengajak para mahasiswa kelak bisa mengenali masalah-masalah sosial yang terjadi ditengah masyarakat kemudian melakukan perubahan-perubahan dan menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut.

“Nanti di titik akhir dalam perkuliahan, anda akan menulis tesis dan disertasi, kenali persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat, susun sebuah rekonstruksi keilmuan, rekonstruksi teori dan mengenalkan sesuatu yang baru,” tutupnya.

Selain dihadiri oleh para mahasiswa baru, PSAP ini juga dihadiri oleh jajaran pimpinan pascasarjana yang terdiri dari Wakil Direktur, Kepala program studi dan Sekretaris program studi dari masing-masing jurusan yang ada, Kasubbag dan para staf administrasi. (AN/HI)