Sebar Ribuan Calon Guru, FTK Adakan Pembekalan Mahasiswa PPL

  • Admin Humas
  • Kamis, 18 Agustus 2022
  • 1571 Tampilan
Peserta Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) UIN Raden Intan Lampung Tahun 2022

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan pembekalan bagi mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2022.

Sebanyak 2.165 orang mahasiswa mengikuti pembekalan yang berlangsung selama 2 (dua) hari di Gedung Serba Guna (GSG) UIN Raden Intan Lampung, Kamis dan Jumat (18-19/08/2022) ini.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prof Dr Hj Nirva Diana MPd menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa sebelum mereka terjun ke lapangan (sekolah).

Dekan berharap para mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah diberikan oleh para dosen.

“Kepercayaan yang sudah diberikan, jangan sampai mencemarkan nama baik FTK, khususnya UIN Raden Intan, tunjukkan bahwa kalian punya ilmu dan sikap serta keterampilan yang luar biasa untuk menjadi seorang guru,” ujar Prof Nirva.

Prof Nirva juga berpesan kepada para mahasiswa agar menjadi contoh bagi siswa yang akan dibina nantinya.

“Bina dengan baik para siswa tersebut, dimanapun anda berada. Kita harus mengajar dengan baik agar menghasilkan output yang baik pula,” tutup Prof Nirva.

Ketua pelaksana, Dr H Mujib MPd melaporkan bahwa kegiatan PPL FTK tahun 2022 ini akan diikuti oleh 2.165 orang mahasiswa semester 7 dari 10 prodi, yang terdiri dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 304 mahasiswa, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 162, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 248, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 254, Pendidikan Matematika (PMTK) 200, Pendidikan Biologi (PBIO) 229, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 153, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) 236, Pendidikan Fisika (PFIS) 111, Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah (PGMI) 267 mahasiswa.

Peserta nantinya akan disebar ke 144 sekolah dan madrasah yang ada di Provinsi Lampung terdiri dari 26 TK/PIAUD, 24 SD/MI, 47 SMP/MT dan 47 SMA/MA.

Dekan memberikan sertifikat kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Lampung sebagai narasumber

Pada hari pertama pembekalan ini, selain materi internal juga menghadirkan narasumber Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo SAg SS MHum yang menyampaikan materi tentang Moderasi Beragama serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Hj Eka Afriana SPd, dengan materi Pendidikan Karakter.

Sedangkan pada hari kedua, akan dibekali oleh para dosen prodi masing-masing. (AN/HI)