Home » Berita » Sema dan Dema UIN Dibentuk

Sema dan Dema UIN Dibentuk


Pimpinan UIN bersama Perwakilan Sema Fakultas.

Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) akan segera terbentuk. Hal ini terlihat dalam sidang Pembentukan Sema dan Dema Universitas di Ruang Seminar Rektorat UIN, Selasa (3/3/2020). 

Wakil Rektor (WR) III Prof Wan Jamaluddin PhD menjelaskan,proses pembentukan Sema dan Dema ini mengacu pada SK Direktur JenderalPendidikan Islam Nomor 4691 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum OrganisasiKemahasiswaan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Proses sidang ini diikuti oleh perwakilan Sema Fakultas atauutusan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang telah ditetapkan olehWR III. Tercatat ada sekitar 20 anggota Sema yang mengikuti persidangantersebut.

Prof Wan mengatakan bahwa pembentukan Sema dan Dema inimerupakan masa transisi dari kevakuman organisasi kemahasiswaan tersebut. Diaberharap kepada peserta sidang agar dapat bersikap dewasa, fokus dan memilikijiwa yang demokratis.

“Mari kita bangun kepribadian sesuai dengan motto UINBer-ISI, Intellectuality, Spirituality dan Integrity. Karena kalian inilah calonpemimpin masa depan. Jadi harus dapat bersikap bijak,” ungkap WR III kepadapeserta Sidang.

Sidang paripurna dijadwalkan selama 2 hari, 3-4 Maret 2020, untuk memilih Ketua Sema Universitas dan Dema Universitas. Untuk Ketua Sema telah terpilih M Iqbal Farochi mahasiswa prodi Pengembangan Mahasiswa Islam (PMI). Sedangkan pemilihan Ketua Dema Universitas dijadwalkan pada 4 Maret 2020. (NF/HI)

Sudah dibaca : 2614 Kali