Semarakan HUT RI 77, DWP UIN RIL Gelar Tes IVA dan Sadanis

  • Admin Humas
  • Sabtu, 13 Agustus 2022
  • 263 Tampilan
Rektor saat membuka kegiatan Tes IVA dan Sadanis DWP UIN Raden Intan Lampung

Humas UINRIL – Mendukung program Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menggelar Tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) secara gratis, Jumat (12/08/2022).

Acara pembukaan yang digelar di Ruang Teater Lt.2 Gedung Academic dan Research Center UIN RIL ini, dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Wan Jamaluddin Z PhD.

Dalam sambutannya Rektor mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh DWP UIN RIL ini, “Alhamdulillah, saya bersyukur DWP dapat mengadakan kegiatan yang baik ini, saya mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh sivitas akademika, dan saya harap kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini terus dilakukan,” ucap Rektor.

Rektor juga mengingatkan akan arti pentingnya kesehatan, “Kesehatan adalah faktor yang paling utama, bahkan untuk beribadah sekalipun sangat diperlukan kondisi kesehatan yang prima agar ibadah kita kepada Allah SWT dapat tertunaikan dengan sempurna dengan memenuhi segala persyaratan rukun lainnya,” tutup Rektor.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas kesehatan Provinsi Lampung, Dr dr Hj Reihana MKes, yang diwakili oleh dr Lusi Darmayanti MPH selaku Kepala Bidang P2P, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN RIL beserta jajaran.

Kadiskes menyebutkan bahwa kanker leher rahim (serviks) dan kanker payudara masih menjadi angka kanker tertinggi pada perempuan di Indonesia. Berdasarkan data Global Cancer Statistics atau Globocan, prevalensi yang dilaporkan adalah 17 kematian per 100.000 penduduk untuk kanker payudara dan 13.9 kematian untuk serviks.

“Setiap menit seseorang terdiagnosa penderita kanker se-dunia. Padahal kanker dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan deteksi dini, kanker yang ditemukan pada stadium dini dan diobati dengan cepat dan tepat akan menghasilkan angka kesembuhan yang lebih tinggi”, ujar Kadinkes dalam sambutan yang dibacakan oleh dr Lusi.

Dia menambahkan bahwa upaya penanggulangan kanker tidak hanya terbatas ditujukan pada penderita kanker saja, melainkan pada populasi yang masih sehat maupun yang sudah punya resiko.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DWP UIN RIL, Maftuchah SSi MM, bahwa perlunya diagnosa secara dini adalah modal utama dalam menentukan langkah pengobatan selanjutnya, dengan harapan penyakit tersebut dapat ditangani secara baik, secara profesional, dan dapat disembuhkan secara total.

“Perlu diadakan preventif dan juga ditangani secara medis, sehingga dapat mengurangi persentase kematian yang disebabkan oleh kanker secara signifikan, dan melepas julukan populasi terbanyak penderita kanker”, tutur Maftuchah.

Tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) sendiri digelar di hari yang sama bertempat di Klinik Pratama UIN Raden Intan Lampung dan diikuti oleh 44 orang yang berasal dari pengurus DWP, dosen dan karyawan UIN RIL serta masyarakat umum. (AN/HI)