Semarakkan Ramadhan, Ma’had al-Jami’ah Gelar Karama ke-XI 1443 H

  • Admin Humas
  • Senin, 04 April 2022
  • 1389 Tampilan
blank
Wakil Rektor III Dr. Idrus Ruslan, M.Ag (Kanan) didampingi Mudir Ma’had M. Nur, M.Hum saat membuka kegiatan Karama XI 2022.

Bandar Lampung – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 H, Ma’had al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) kembali menggelar serangkaian acara yang dikemas dengan nama kegiatan Kampus Ramadhan (Karama). Karama ke-XI 1443 H berlangsung di lingkungan Mahad dan kampus UIN pada 4-13 April 2022.

Kegiatan ini dibuka secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr Idrus Ruslan MAg, pada Senin (4/4). Hadir pada pembukaan ini para pengurus dan seluruh Mahasantri yang berlangsung di Asrama Puteri 2 Ma’had al-Jami’ah UIN RIL.

Dalam sambutannya, WR III mengajak para pengurus dan mahasantri untuk menyemarakkan Ramadhan dengan penuh suka cita. Dia juga mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada segenap keluarga Ma’had al-Jami’ah yang telah mengadakan kegiatan tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Ma’had al-Jami’ah yang telah menghidupkan Ramadhan di kampus UIN RIL dengan nuansa kegiatan positif.  Sehingga kegiatan ini mengajak kita untuk menempa dan memaknai bulan suci dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Karama merupakan agenda tahunan Ma’had al-Jami’ah sebagai momentum dalam upaya menyemarakkan bulan suci Ramadhan.  Dalam penyelenggaraannya, Karama tidak hanya penyampaian materi secara teori semata, namun turut menyajikan kegiatan untuk melatih mental dan kecakapan dalam membawakan sebuah pesan agama.

Sedangkan Mudir Ma’had Ust Muhammad Nur MHum menuturkan, kegiatan Karama akan diperpanjang selama 20 Ramadhan ke depan atas anjuran dari Rektor UIN RIL. Menurutnya, Rektor berharap kegiatan ini sebagai upaya membumikan al-Qur’an di lingkungan kampus—khususnya di masjid Safinatul Ulum.

“Saya berharap Ramadhan benar-benar kita hidupkan, meskipun perut panas karena lapar, mulut panas karena haus, tapi sebab bulan Ramadhan adalah sayyid as-syuhur (rajanya bulan) maka mari betul-betul kita nikmati,” tambah M Nur.

Sementara itu Ketua Pelaksana Karama yang juga sebagai Pengurus Ma’had, Fathur Rahman, menjelaskan bahwa Karama merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya oleh Ma’had al-Jami’ah.

“Untuk rangkaian kegiatan Karama ke-XI 1443 ini, kami mengadakan beberapa kegiatan. Di antaranya, tadarus al-Qur’an, kajian kitab kuning, kajian kitab Mukhtar al-Hadits, kajian tematik, kultum, bakti amal, dan ngabuburit,” paparnya.

Selain itu, kegiatan lainnya yakni shalat tahajud, saur bersama, Sholat berjamaah, dan buka bersama. Kemudian ada 2 agenda besar dalam Karama yaitu santunan untuk anak yatim dan buka bersama untuk seluruh Mahasantri Ma’had al-Jami’ah.

Karama juga merupakan syarat seleksi bagi mahasantri yang ingin lanjut menjadi Mudabbir dan Mu’allimMa’had al-Jami’ah.