Home » Berita » Seminar Parenting Tumbuhkan Kesadaran Orang Tua

Seminar Parenting Tumbuhkan Kesadaran Orang Tua


Humas UIN RIL – Dengan derasnya gelombang informasi dari berbagai lini melalui media digital, maka dibutuhkan keluarga yang memiliki ketahanan atas beragam informasi-informasi yang dapat disikapi secara arif. Kenyataannya, tidak setiap keluarga memiliki ketahanan atas informasi tersebut.

Problem dalam masyarakat pun beragam atas penyikapan informasi yang masuk khususnya kepada anak-anak sehingga terjadi kekerasan, perkosaan anak, kawin dini, dan beragam persoalan lainnya. Hal ini disebabkan atas kurangnya atau tidak adanya pendampingan yang arif terhadap informasi yang masuk ke anak dan menyebabkan ketahanan keluarga akan rusak.

Atas dasar itu, Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Raden Intan Lampung menggelar seminar parenting  Mendidik Anak Di Era Digital; Menjadi Orang Tua Cerdas Dalam Pengasuhan Anak yang diselengggarakan di ruang seminar rektorat UIN, Jumat (20/4/2018).

Seminar ini diikuti oleh 60 orang peserta dari organisasi perempuan berbasis keagamaan dan kemasyarakatan. “Peserta tersebut juga merupakan representasi dari 60 keluarga dan itu sudah kita data. Setelah ini (seminar) akan dilanjutkan dengan parenting-parenting skill yang lainnya,” ujar Kepala PSGA Dra Siti Masykuroh MSosI kepada tim Humas disela-sela acara seminar.

Masykuroh mengungkapkan,  dipilihnya perempuan sebagai peserta karena perempuan atau para ibu itu pendidik utama di tengah-tengah keluarga. Harapannya, ketika ibunya cerdas, maka kecerdasan itu akan tertular pada keluarga khususnya anak. Seminar ini juga untuk menumbuhkan kesadaran orang tua terhadap  pengawasan anak khususnya dalam menggunakan gadget.

“Mendidik satu orang ibu sama seperti mendidik satu orang keluarga. Atau seperti ungkapan yang sering kita dengar, ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak,” terang Masykuroh.

Lebih lanjut ia menungkapkan, di era yang serba terbuka ini, problematika di tengah masyarakat juga sudah luar biasa. ”Maka seminar parenting ini dimaksudkan untuk penguatan keluarga pada aspek pengasuhan terhadap informasi-informasi (dari media) digital,” tambahnya.

Acara tersebut dibuka oleh Prof Dr Nasor MSi selaku Ketua  LP2M yang mewakili rektor. Ia menganggap seminar parenting ini cukup penting. Orang tua memiliki kewajiban  dalam memperhatikan pendidikan anak khsusnya di era digital seperti ini.

“Anak-anak seumuran SD (sekolah dasar) bahkan lebih kecil lagi sudah kenal gadget. Kita harus antisipasi dampak negatifnya dan  ini menjadi tugas dan tanggungjawab kita sebagai orang tua untuk mengontrol anak,” pungkasnya.

Seminar ini menghadirkan narasumber yakni akademisi yang juga wakil dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Prof Dr Hj Nirva Diana MPd dan dari Lembaga Advokasi Anak (LADA) Lampung Turaihan Aldi. Seminar tersebut dimoderatori oleh Dr Isnaeni yang juga menjabat Kepala Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UIN. (NF/HI)

Sudah dibaca : 311 Kali