Home » Berita » Sholat Jumat Perdana di Masjid Safinatul Ulum

Sholat Jumat Perdana di Masjid Safinatul Ulum

Sudah dibaca : 528 Kali


Masjid Safiinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung.

Humas UIN RIL – Jumat, 12 Rabiul Awal 1443 H bertepatan dengan 17 Desember 2021 menjadi saksi diselenggarakannya sholat jumat perdana di Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan Lampung.

Pelaksanaan shalat jumat perdana ini dilaksanakan sebagai soft launching peresmian masjid yang rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 23 Desember 2021.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan bahwa masjid ini milik kita bersama. “Alhamdulillah, masjid ini sudah dapat kita gunakan. Pembangunan masjid ini dari kita, untuk kita, dan oleh kita,” katanya dihadapan jamaah sebelum pelaksanaan Sholat Jum’at.

Prof Mukri memaparkan, Masjid Safinatul Ulum memiliki tiga pintu utama (Bab) yakni Ulul Al-Bab, Ulun-Nuha, dan Ulul Abshar. “Ketiga pintu itu memiliki makna dimensi kecerdasan intelektual, kecerdasan hati, dan kecerdasan spiritual,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof Mukri mengingatkan pesan moral kepada jama’ah. “Semoga dapat menemukan kenikmatan shalat dan i’tikaf, apalagi kenikmatan sujud di masjid ini. Lebih dari itu, masjid kita ini bisa menjadi media transformasi keilmuan melalui kajian-kajian, halaqah, diskusi, majlis ta’lim, seminar, dan lain-lain,” lanjutnya.

Rektor Prof. Mukri sampaikan sambutan pada sholat Jum’at perdana di Masjid Safinatul Ulum.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu pembangunan ini. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta, berpartisipasi, menginfaqkan rizqinya untuk pembangunan masjid yang kita cintai ini. Jazaakumullah khairo,” tambahnya.

Pada Sholat Jum’at perdana ini, bertugas sebagai Khotib dan Imam yakni Prof Dr KH A Achlami MAg. Sebelumnya, pada Kamis (16/12) malam, Mahasantri Ma’had Al-Jamiah mengisi Yasinan, Tahlilan, dan Halaqoh di Masjid Safinatul Ulum. (NF/HI)