Home » Berita » Sivitas UIN Peringati Kemerdekaan RI

Sivitas UIN Peringati Kemerdekaan RI


Sivitas Akademika UIN Raden Intan Lampung peringati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI) dengan melaksanakan upacara, Jum’at (17/8) pagi, di lapangan kampus setempat.

Upacara diikuti pimpinan, dosen, pegawai dan mahasiswa khusunya mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Pembina Apel kemerdekaan ini dipimpin Dr Alamsyah MAg.

Petugas upacara lainnya diantaranya Pembacaan Teks Proklamasi oleh Dr Rubhan Masykur MPd, Pembacaan UUD 1945 oleh Dr Sudarman MAg, Doa Dr Khairuddin Tahmid MH, dan upacara dipimpin Hatanis BA.

Selain UIN Raden Intan, seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), Kementerian Agama, seluruh Kementerian, Lembaga Negara, dan masyarakat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Di tempat terpisah, dalam pidato Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI pada upacara Peringatan HUT ke-73 RI di Jakarta mengingatkan seluruh masyarakat khususnya pegawai di lingkungan Kementerian Agama untuk proaktif mengisi kemerdekaan itu dengan semangat bekerja dan berkarya. “Semangat bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, dengan penuh daya kreasi dan produktivitas yang baik, serta menunjung tinggi integritas dan nilai-nilai akuntabilitas,” kata Prof Kamaruddin Amin dalam pidatonya.

Dia pun menyampaikan bahwa kerja-kerja yang kita lakukan merupakan implementasi dari ungkapan rasa syukur kita atas telah diraihnya kemerdekaan bangsa ini. “Jerih payah dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur demi meraih bangsa yang merdeka harus kita teruskan dengan berlomba-lomba mengukir prestasi dan menjaga nama baik bangsa ini,” sambungnya.

Oleh karenanya, kerja-kerja yang dilakukan merupakan cerminan atas kualitas dan prestasi bangsa. “Jika kita mampu melakukan pekerjaan itu dengan baik, penuh inovasi, maka sungguh bangsa ini akan menjadi bangsa yang berprestasi. Namun sebaliknya, jika kita tidak mampu melakukannya dengan baik, minim kualitas dan prestasi, maka bangsa ini pun akan menjadi bangsa yang kurang berharga,” lanjut Prof Kamaruddin.

Untuk itu, dalam kesempatan yang sangat baik tersebut, dia mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara maupun tenaga kontrak dan BLU di lingkungan Kementerian Agama untuk memiliki komitmen dan semangat yang tinggi serta bekerja secara konkret demi meraih prestasi bangsa yang kita banggakan. (FN)

Sudah dibaca : 276 Kali