Home » Berita » Sivitas UIN Siap Sambut Mahasiswa Baru

Sivitas UIN Siap Sambut Mahasiswa Baru


Humas UIN RIL – Dalam menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019, sivitas akademika UIN melalui panitia Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) melakukan koordinasi persiapan PBAK di ruang seminar rektorat, Selasa (7/8/2018).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Prof Dr Syaiful Anwar MPd selaku penanggungjawab PBAK. Rapat tersebut diikuti oleh panitia yang terlibat dari unsur dosen, pegawai dan mahasiswa. Hadir juga pada rapat tersebut sejumlah pimpinan diantaranya Kepala Biro AAKK, Dekan, Wakil Dekan, Kabag dan Kasubbag Akademik.

WR III dalam amanatnya berpesan secara khusus berpesan kepada mahasiswa yang menjadi panitia pada tingkat universitas sampai prodi. ”Mahasiswa menjadi garda terdepan dalam membimbing adik-adik mahasiswa baru. Mahasiswa yang terlibat dalam panitia ini harus memiliki itikad yang baik. Jangan sampai memiliki masalah,” ujarnya.

Prof Syaiful berharap agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Ia mengingatkan kepada panitia untuk saling komunikasi dan berkoordinasi untuk menyukseskan PBAK tersebut.

PBAK tahun 2018 mengusung tema Mengembangkan Budaya Akademik Yang Damai dan Toleran Dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa Yang Berkarakter, Bermoral serta Berakhalkul Karimah. PBAK akan berlangsung pada 13-16 Agustus 2018 di lingkungan UIN Raden Intan Lampung.

Dekan Fakultas Ushuluddin (FU) Dr Arsyad Sobby Kesuma MA yang hadir pada koordinasi tersebut berpesan kepada panitia agar bekerja secara profesional dan proporsional. “Profesional artinya melalui potensi dan tugas kita masing-masing untuk menyumbangkan dan melayani mahasiswa baru dengan maksimal,” jelasnya.

Selain itu, Dekan FU melanjutkan, proporsional artinya tugas yang telah diberikan ke masing-masing panitia dapat dijalankan dengan baik dan tidak perlu mengambil tugas atau membebankan ke orang lain agar tidak tumpang tindih. “Khusus untuk mahasiswa, ini adalah kesempatan baik untuk belajar,” tukasnya.

Hal lain disampaikan Dekan Fakultas Syariah (FS) Dr Alamsyah MAg. Ia menceritakan tentang masih ada mahasiswa semester 8 yang masih belum bisa mengisi KRS melalui SIAKAD. “Saya kira ini perhatian kita bersama, bagaimana panitia mampu mengarahkan peserta PBAK untuk fokus mengikuti kegiatan PBAK. Maka sangat penting bagi saya PBAK ini,” terangnya.

Selain pengenalan budaya akademik dan kemahasiswaan, PBAK juga berfungsi untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan mahasiswa agar mengenal dan memahami budaya kampus, khususnya tentang sistem pendidikan tinggi di UIN Raden Intan Lampung. (NF/HI)

Sudah dibaca : 531 Kali