Target Tetap Raih Top 1 PTKIN, Raker UIN RIL Rumuskan Program Lingkungan Berkelanjutan

  • Admin Humas
  • Rabu, 21 Februari 2024
  • 174 Tampilan
blank
Ketua TPKBBL UIN RIL, Suci Wulan Pawhestri MSi

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Bulan November tahun 2023 yang lalu Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mendapatkan peringkat pertama sebagai The Most Sustainable University in Indonesiadi lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berdasarkan Pemeringkatan UI GreenMetric.

Atas perolehan itu, tahun 2024 ini targetkan tetap raih top 1 PTKIN. Uraian rumusan program lingkungan berkelanjutan dibahas dan didiskusikan dalam Rapat Kerja (Raker) UIN RIL 2024 hari kedua di Ballroom kampus setempat pada Selasa (20/02/2024) yang mengusung tema “UIN Raden Intan Lampung Bertumbuh dan Mendunia”.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) sebagai pelaksana teknis program lingkungan berkelanjutan, Suci Wulan Pawhestri MSi, mengawali paparan dengan statemen bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai langkah nyata untuk tetap raih peringkat pertama.

“Langkah nyata ini meliputi peningkatan pengelolaan lingkungan dengan merujuk pada 6 indikator,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Suci menambahkan, “Enam indikator tersebut terdiri dari setting and infrastructure (keadaan dan infrastruktur kampus), energy and climate change(energi dan perubahan iklim), waste (pengelolaan sampah), water (penggunaan air), transportation (transportasi), serta education and research (pendidikan dan riset). UIN Raden Intan Lampung terus mendapatkan peningkatan skor selama 4 tahun terakhir”.

Agenda UI GreenMetric yang akan diselenggarakan tingkat nasional maupun internasional pada tahun 2024 ini akan diikuti oleh UIN RIL. Karena dipastikan akan memberikan manfaat untuk kampus sebagai wujud komitmen membangun kampus hijau ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Diantaranya adalah National Student Leaders Meeting on Sustainability, Community Service Program, International Student Leaders Meeting on Sustainability, National Workshop in Each Country, Results an Awards Ceremony for UIN GreenMetric Word University Rankings 2024, Evaluation Online Course dan lain sebagainya.

Adapun program lingkungan berkelanjutan yang sudah dilakukan adalah penggunaan solar panel sebagai energi terbarukan, pembuatan tower air untuk pemanenan air hujan, filtrasi limbah air masjid sebelum dialirkan ke embung, daur ulang air, penghematan listrik dan lain-lain. Mengakhiri paparan, Suci menyampaikan bahwa tata kelola kampus terkait dengan indikator pertama, kelima dan keenam akan terus diupayakan untuk mendapatkan skor yang lebih baik.

“Program lingkungan berkelanjutan untuk mendukung setting and infrastructure, transportationdan education and research sudah kita susun, mari kita laksanakan secara bersama untuk mewujudkan UIN Raden Intan Lampung tetap mendapatkan peringkat pertama PTKIN se-Indonesia,” pungkasnya. (AH)