Home » Berita » Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19, UIN Gelar Rapat Perdana Kopertais XV

Terapkan Protokol Pencegahan Covid-19, UIN Gelar Rapat Perdana Kopertais XV


Suasana Rapat Perdana Kopertais Wilayah XV Provinsi Lampung.

UIN Raden Intan Lampung menggelarrapat perdana KoordinatorPerguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XV Provinsi Lampung,Rabu (22/4/2020). Rapat dihadiri perwakilan 17 Perguruan Tinggi Keagamaan IslamSwasta (PTKIS) dari 31 PTKIS yang terdaftar di Lampung.

Di tengahkondisi pandemi, rapat menerapkan social distancing dan protokol pencegahan Covid-19 sepertimenggunakan masker, menjaga jarak, menggunakan hand sanitizer dan cek suhu tubuh.

Selain 17 PTKIS, rapat yang dipimpinKetua Kopertais yang juga Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg, dihadiri DirekturPerguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Prof Dr Arskal SalimGP dan Kasubdit Kelembagaan dan Kerja Sama PTKI Dr Adib Abdussomad melaluiaplikasi Zoom.

Rektor mengatakan, meskipun kondisi pandemi,rapat koordinasi perdana harus dilaksanakan. Di samping untuk koordinasi, rapatini juga untuk memastikan kegiatan pembelajaran jarak jauh di semua PTKISberjalan dengan baik.

Prof Mukri menghimbau kepada parapimpinan PTKIS Wilayah XV untuk bisa berkoordinasi dengan baik. “Jika adakeluhan atau masukkan, silahkan sampaikan kepada kami,” ujarnya.

Ketua Kopertais XV ini berharap adanyaPTKIS ini dapat memberi manfaat dan turut mencerdaskan khususnya masyarakatLampung.

Direktur PTKI Prof Dr Arskal Salimmenyampaikan, adanya Kopertais Wilayah XV yaitu pemekaran dari Wilayah VII yangmencakup Sumatera Bagian Selatan. “Pemekaran ini untuk melayani PTKIS lebihmaksimal. Kopertais (XV) ini sudah terkonsolidasi dengan baik dan dapatmelayani seutuhnya,” kata Prof Arskal.

Dia menjelaskan, saat ini DirektoratPTKI sedang melakukan monitoring dan evalusi terkait proses pembelajaran jarakjauh. “Kita tetap memastikan mutu pembelajaran yang dilaksanakan di semesterini. Kita sudah dan sedang melakukan monitoring dan evaluasi, termasuk PTKIS,” paparnya.

Guru Besar Fakultas Syariah dan HukumUIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga mengajak para peserta rapat untuktidak menyerah dengan keadaan saat ini. “Kita tidak boleh menyerah. Kualitasharus tetap kita upayakan,” ujarnya.

Prof Arskal juga berharap kepada UINLampung harus dapat memaksimalkan peran sebagai Kopertais, untuk melayanikebutuhan PTKIS. “Kami  juga berupayauntuk mengakomoadasi segala keluhan, harapan dan ekspektasi (dari PKTKIS) untuklebih baik,” tambahnya.

Kemudian, Kasubdit Kelembagaan dan KerjaSama PTKI Dr Adib Abdussomad MEd mengatakan, progres dari Kopertais XV cukupbaik. “Kopertais XV ini lebih cepat untuk merespon. Anda sudah mendapatkanbimbingan yang sangat tepat,” kata Adib dihadapan peserta rapat.

Adib menjelaskan secara singkat tugasdan fungsi dari Kopertais diantaranya yaitu pengawasan, pembinaan danpemberdayaan. “Untuk pengawasan dan pembinaan, salah satunya memastikan Perguruantinggi (PTKIS)  di Lampung harus memilikiwawasan Islam Wasathiyah,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada para pimpinan PTKIS, jika ada keperluan dengan Direktorat PTKI harus berkoordinasi dan mendapat rekomendasi dari Kopertais di setiap wilayah. (NF/HI)

Sudah dibaca : 967 Kali