Home » Berita » Tes PMB Daring Bukti PTKIN Responsif Terhadap Perubahan dan Tantangan Zaman

Tes PMB Daring Bukti PTKIN Responsif Terhadap Perubahan dan Tantangan Zaman


Menteri Agama RI saat telekonferensi dan monitoring pelaksanaan UM PTKIN tahun 2020.

Menteri Agama (Menag) RI Jend (Purn) Fachrul Razi mengatakan bahwa tes penerimaan mahasiswa baru (PMB) Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) atau secara daring merupakan bukti bahwa PTKIN sangat responsif terhadap perubahan dan tantangan zaman.

Hal ini disampaikan saat telekonferensi dan monitoring pelaksanaan UM PTKIN hari keempat, Kamis (6/8/2020), melalui aplikasi Zoom di UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Apalagi, kata Menag, di tengah massa pandemi Covid-19, pelaksanaan UM PTKIN dengan SSE dapat mencegah penyebaran virus tersebut.

“Kita dituntut inovatif. Ujian (UM PTKIN) yang tidak lagi datang ke kampus, tetapi dengan menggunakan SSE,” katanya.

Menag juga mengingatkan kepada sivitas akademika PTKIN bahwa Islamic Studies merupakan ruh dari PTKIN. Maka menurutnya, peminat untuk rumpun keilmuan tersebut tetap menjadi perhatian dan evaluasi jika mengalami penurunan.

“Saya berharap, UM PTKIN ini tidak hanya (mementingkan) ilmu yang laku dipasaran. Namun juga memikirkan bidang-bidang strategis khususnya dalam bidang Islamic Studies sebagai core PTKIN,” lanjut Menag.

Dia juga mengajak seluruh elemen Kementerian Agama untuk berbuat yang terbaik. “Salah satu cara mensyukuri nikmat adalah membuat komitmen berbuat yang terbaik. Kemenag seperti memakai baju putih. Noda sekecil apapun, terlihat dari jauh,” imbuhnya.

Meski dalam massa pandemi, lonjakan peninat UM PTKIN cukup tinggi. Berdasarkan laporan dari panitia nasional UM PTKIN, tahun 2020 tercatat sebanyak 135444 pendaftar. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya berjumlah 122981 pendaftar dan pada 2018 sebanyak 103444 pendaftar.

Telekonferensi Menteri Agama RI bersama Panitia Nasional UM PTKIN tahun 2020.

UM PTKIN telah berlangsung pada 3-6 Agustus 2020. Bagi peserta yang mengalami kendala dapat melaporkan melalui aplikasi Sapa di laman https://sapa.um-ptkin.ac.id/ dan laporan akan ditindaklanjuti oleh panitia nasional.

Hasil UM PTKIN 2020 akan diumumkan pada 24 Agustus 2020 melalui laman https://um-ptkin.ac.id dan https://www.radenintan.ac.id/pengumuman. (NF/HI)

Free Download WordPress Themes
Download WordPress Themes
Download Premium WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy paid course free download
download micromax firmware
Download WordPress Themes
download udemy paid course for free

Sudah dibaca : 407 Kali