Home » Berita » Tes Urine Sebagai Upaya Kampus Bebas Narkoba

Tes Urine Sebagai Upaya Kampus Bebas Narkoba


Humas UIN RIL – Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof Dr Syaiful Anwar MPd mengatakan, tes urine sebagai upaya untuk membuat suasana kampus lebih kondusif dan jauh dari narkoba. “(Tes urine) ini salah satu cara dan upaya agar kampus bebas narkoba, berakhlak, santun dan suasana akademik jadi lebih hidup,” ujar Prof Syaiful di ruang kerjanya, Senin (30/7).

Calon Mahasiswa Baru UIN Raden Intan Tahun Akademik (TA) 2018/2019 ikuti tes urine. Menurut jadwal, tes urine ini akan berlangsung selama 5 hari mulai 30 Juli – 3 Agustus 2018 di GSG UIN. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) selama 2 hari yakni 30-31 Juli, Fakultas Syariah (FS) 1 Agutus, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 2 Agustus, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) serta Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) pada 3 Agustus 2018.

Menurut WR III, jika ada calon mahasiswa yang terindikasi menggunakan narkoba akan ditindaklanjuti pihak kampus. “Kalau masih terindikasi ringan, akan kita bina. Tetapi jika (terindikasi) berat, pihak kampus harus mengembalikan ke orang tua dan disarankan untuk dilakukan rehabilitasi,” terangnya.

Dia menjelaskan, tahun lalu ada dua calon mahasiswa yang terindikasi menggunakan narkoba namun dalam kategori ringan. Pihak kampus melakukan pembinaan dan mengontrol anak tersebut agar tidak terjerumus lebih jauh.

Seperti tahun sebelumnya, pihak UIN memfasilitasi calon mahasiswa untuk tes urine yang bertempat di GSG tersebut. Meski demikian, pihak kampus juga membolehkan kepada calon mahasiswa untuk melakukan tes urine di luar seperti di rumah sakit atau BNN Provinsi / Kabupaten-Kota.  Tahun ini, pihak UIN bekerjasama dengan Polda dan Klinik Untung Medika dalam menyelenggarakan tes urine.

Bukti tes urine ini juga merupakan syarat bagi calon mahasiswa baru untuk mengambil jaket almamater dan mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Jadwal selanjutnya untuk calon mahasiswa yakni pengambilan jaket almamater dan buku panduan PBAK pada 6 – 10 Agustus dan PBAK TA 2018/2019 pada 13-16 Agustus 2018. (NF/HI)

Sudah dibaca : 2606 Kali