Home » Berita » Tiga Jurnal UIN Kembali Naik Peringkat

Tiga Jurnal UIN Kembali Naik Peringkat


Tiga Jurnal ilmiah UIN yang naik peringkat periode VI 2019.

Sebanyak tiga jurnal ilmiah UIN Raden Intan Lampung kembali naik peringkat dari terakreditasi Sinta 4 menjadi Sinta 3. Hal ini sesuai keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Nomor 30/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VI Tahun 2019 tertanggal 11 November.

Ketiga jurnal tersebut yakni Analisis (Jurnal Studi Keislaman); Al-Adyan (Jurnal Studi Lintas Agama); dan Konseli (Jurnal Bimbingan dan Konseling). Selain naik peringkat, Analisis juga terindeks internasional Directory of Open Access Journals (DOAJ).

Hingga tahun 2019, UIN Raden Intan Lampung memiliki 27 jurnal ilmiah yang telah ber-ISSN. Jurnal-jurnal tersebut tersebar pada fakultas, lembaga penelitian dan pengabdian, program pascasarjana, serta program studi.

Dari jumlah tersebut sebanyak 16 jurnal yang terakreditasi Science and Technology Index (Sinta) Kementerian Riset dan Tekonologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Peringkat tersebut yakni Sinta 2 sebanyak 7 jurnal, Sinta 3 sebanyak 6 jurnal dan 3 jurnal berperingkat Sinta 4.

Sinta merupakan sistem informasi penelitian berbasis web menawarkan akses yang cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja para peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia. Sinta juga memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, serta menganalisis tren penelitian dan direktori ahli.

Terkait dengan sebaran, ditingkat universitas (UIN) terdapat 2 jurnal. Kemudian dimasing-masing fakultas dan program pascasarjana (PPs) yaitu Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 6 jurnal; Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 2 jurnal; Fakultas Syariah (FS) 2 jurnal; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 1 jurnal; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 13 jurnal; dan PPs 1 jurnal.

Seluruh jurnal tersebut telah menggunakan sistem daring dengan Open Journal System (OJS), sehingga dapat diakses setiap saat pada laman http://ejournal.radenintan.ac.id. (NF/HI)

Download Best WordPress Themes Free Download
Download Nulled WordPress Themes
Download WordPress Themes
Download Nulled WordPress Themes
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
download mobile firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
free download udemy paid course

Sudah dibaca : 428 Kali