Home » Berita » Tingkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa dengan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

Tingkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa dengan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

Sudah dibaca : 471 Kali


Tangkapan layar Zoom pelatihan karya tulis ilmiah mahasiswa.

Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Akademik Mahasiswa Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Raden Intan Lampung selenggarakan pelatihan menulis karya ilmiah untuk mahasiswa yang ke-3. Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan mutu akademik mahasiswa dan membiasakan mahasiswa menulis karya ilmiah.

Kegiatan ini berlangsung melalui aplikasi Zoom, Sabtu (13/11/2021). Pelatihan diikuti oleh 150 mahasiswa dari beberapa prodi lintas fakultas.

Kepala Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Akademik Mahasiswa Dr Linda Firdawaty MH menyampaikan, kegiatan pelatihan mengambil tema Terampil Menulis di Era Digital. “Diharapkan mahassiswa dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menulis karya tulis ilmiah, baik dalam bentuk skripsi maupun mengonversi skripsi menjadi artikel atau jurnal,” jelasnya.

Linda melanjutkan, kegiatan ini juga untuk memotivasi dan memberikan pemahahaman kepada mahasiswa dalam menggunakan referensi online. “Hal ini untuk memberi kemudahan untuk memenuhi syarat penulisan di era digital,” ungkapnya.

Pelatihan tersebut diisi oleh dosen Fakultas Syariah (FS) sekaligus Editor in Chief Jurnal Al-‘Adalah Dr Abdul Qodir Zaelani MA. Jurnal Al-‘Adalah merupakan jurnal milik FS yang telah meraih Sinta 2.

Pada kesempatan itu, AQJ, sapaan dari Abdul Qodir Zaelani memaparkan materi tentang penyusunan proposal penelitian, teknis penulisan artikel, dan manajemen referensi menggunakan aplikasi Zotero. (Rls-NF/HI)