Tingkatkan kualitas Input, Pascasarjana Perketat Seleksi Ujian Masuk

  • Admin Humas
  • Jumat, 01 Juli 2022
  • 391 Tampilan
Suasana Tes Potensi Akademik berbasis Computer Assited Test (CAT) Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung

Humas UIN RIL – Guna meningkatkan kualitas input mahasiswa, Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung perketat Seleksi Ujian Masuk. Sebanyak 244 orang yang terdiri dari 202 orang calon mahasiwa Program Magister (S2) dan 42 orang calon mahasiswa Program Doktoral (S3) mengikuti seleksi yang berlangsung di Gedung ICT UIN Raden Intan Lampung ini, Jumat (01/07/2022).

Jumlah tersebut adalah mereka yang berhasil lolos seleksi administrasi, dari sebanyak 307 orang pendaftar.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof H Wan Jamaluddin Z PhD, yang turut menjadi tim penguji dalam seleksi ini, menyatakan bahwa seleksi ini adalah sebuah langkah positif untuk membuktikan keseriusan dalam mempersiapkan Internationalisasi Kampus yang berorientasi pada mutu.

“Ini adalah langkah untuk mempersiapkan tahapan-tahapan yang lebih serius agar visi besar UIN Raden Intan Lampung sebagai rujukan internasional bisa berjalan dengan baik dan bisa terwujud,” ucap Rektor.

Menurut Rektor, untuk mewujudkan visi besar itu, selain kualitas mutu Lembaga, input calon mahasiswa didiknya juga harus berkualitas. “Untuk itu saya berharap dengan adanya seleksi ini dapat menghasilkan calon-calon peserta didik yang berkulitas.“ ujarnya.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z PhD, saat melakukan tes wawancara dengan salah seorang calon mahasiswa Program Doktoral (S3)

Di tempat yang sama, Direktur Pascasarjana UIN RIL, Prof Dr H Ruslan Abdul Ghofur MSi menjelaskan bahwa sistem seleksi yang pertama kali dilakukan Pascasarjana ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama yaitu Tes Potensi Akdemik (TPA) berbasis CAT (Computer Assited Test) dan tahap kedua adalah dan Tes Wawancara.

“Jadi tidak hanya tes potensi akademik berbasis dengan CAT saja, tetapi juga ada tes wawancara, agar sistem pembelajaran dapat kita sesuaikan secara lebih efektif dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan input mahasiswa kita,” jelasnya.

Profesor termuda yang akrab disapa Prof Opung ini pun berharap dengan input calon mahasiswa yang jelas nantinya akan menghasilkan output yang berkualitas.

“Saya berharap dengan sistem seleksi ini nantinya akan menghasilkan lulusan yang berkualifikasi bagus dan terbaik sesuai dengan moto UIN yaitu ber-ISI (Intellectuality, Spirituality dan Integrity),” pungkasnya.

Terlihat dalam pantauan tim humas, para peserta sangat antusias mengiktui seleksi ini, mereka tidak hanya berasal dari wilayah Lampung saja, tetapi juga dari berbagai daerah di Sumatera dan Jawa.

Adapun hasil kelulusan calon mahasiswa program S2 dan S3 ini akan diumumkan di laman resmi UIN RIL pada 5 Juli 2022. (AN/AR/HI)