Home » Berita » UIN Beri Pelatihan Kewirausahaan ke Mahasiswa

UIN Beri Pelatihan Kewirausahaan ke Mahasiswa


Wakil Rektor III Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Pd saat meyampaikan sambuatan di pelatihan kewirausahaan, Rabu (10/4).

Humas UIN RIL — UIN Raden Intan Lampung melalui UPT Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir  selenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk mahasiswa di ruang seminar rektorat UIN, Rabu (10/4/2019).

Tema pelatihan yang diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa dari seluruh fakultas ini yaitu Pembangunan Inklusif Bagi Wirausaha Muda di Era Digital. Hadir sebagai narasumber yakni Dr Wily Fariyanto MHum dari Firma Fardalaw Jakarta dan Dr Solikin M Juhra yang berlatarbelakang Kepala Bank Indonesia Institute Jakarta.

Wakil Rektor (WR) III Prof Dr Syaiful Anwar MPd pada kesempatan tersebut menyampaikan, di era digital ini perlu mengubah orientasi paradigma. Menurutnya, selama ini banyak perguruan tinggi selalu bicara akademik dan teoritik, namun aspek enterpreneur kurang mendapat perhatian.

“Kita bersyukur, di UIN Raden Intan Lampung sudah ada UPT yang menangani kewirausahaan dan karir. Kita berharap, mahasiswa dan alumni menjadi pelopor penggerak ekonomi kerakyatan,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Prof Syaiful melanjutkan, “sebagai institusi tentunya kita (UIN) menyiapkan alumni yang berkualitas dan memiliki skill. Kita berharap mahasiswa dan alumni untuk bisa mengembangkan kewirausahaan ini.”

Dengan adanya UPT tersebut, UIN juga terus berupaya untuk menyinergikan pengembangan ekonomi dan bisnis dengan stakeholder terkait. “Kita mencoba mengubah mindset. Mari kita bersama mendorong untuk membuka diri. Karena keilmuan teoritik ini tidak cukup di era digital. Perlu orang terampil dalam mengembangkan perekonomian ini. Dan anak muda saat ini lebih bisa membaca peluang pasar,” tukas Prof Syaiful.

Foto bersama perwakilan pimpinan UIN dengan narasumber.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Dr Efa Rodiah Nur MH melaporkan, diselenggarakannya pelatihan tersebut dilandasi karena mahasiswa sebagai pemegang  tongkat estafet  kepemimpinan dan perekonomian  bangsa. “Maka perlu perubahan paradigma, dari setelah lulus kuliah mencari kerja, tetapi juga bisa menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Pelatihan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kewirausahaan. Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini diantaranya yaitu untuk menggali kemampuan dan memotivasi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, serta memberikan pengetahuan dalam membidik peluang bisnis. (NF/HI)

Sudah dibaca : 301 Kali