UIN Berlakukan Car Free Day

  • Admin Humas
  • Kamis, 02 Juli 2020
  • 3568 Tampilan
Lingkungan kampus UIN Raden Intan Lampung.

UIN Raden Intan Lampung berlakukan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day  (CFD) di lingkungan kampus. CFD ini dituangkan dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 136 Tahun 2020 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Kampus UIN Raden Intan Lampung tertanggal 2 Juli 2020.

Dalam keputusan tersebut, Rektor memberlakukan CFD setiap hari Jumat pukul 06.00-11.00 WIB. Meski demikian, Rektor Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan bahwa CFD ini berlaku dari hari Jumat sampai Ahad pada jam yang sama.

“Karena Sabtu dan Ahad  ini merupakan hari libur, jadi CFD tersebut juga berlaku pada hari tersebut. Dan kampus ini terbuka untuk masyarakat umum,” kata Rektor.

Prof Mukri menjelaskan bahwa CFD ini juga untuk mendukung dan menunjang visi dari UIN. “Kita sudah mendeklarasikan visi sebagai kampus hijau berwawasan lingkungan. Jadi CFD ini untuk mendukung visi tersebut dan untuk membudayakan hidup sehat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Umum Puji Raharjo MHum mengatakan, saat ini UIN memiliki sekitar 30 sepeda untuk digunakan oleh sivitas UIN di lingkungan kampus. “Jumlah sepeda ini akan terus kita tambah untuk menunjang aktifitas di dalam kampus,” ujarnya.

Puji juga menambahkan, penataan lingkungan dan transportasi ini merupakan bagian dari penilaian kampus hijau UI GreenMetric. Jadi dia mengajak kepada warga kampus untuk membangun kesadaran bersama dalam menjaga lingkungan.

Skema untuk CFD ini yaitu, bagi sivitas UIN maupun masyarakat yang masuk ke dalam kampus dengan kendaraan bermotor, disediakan parkir di lapangan Ma’had Al-Jami’ah. Selain itu, diwajibkan menggunakan masker dan tidak berkerumum atau saling menjaga jarak. CFD akan mulai diterapkan pada Jumat, 3 Juli 2020. (NF/HI)