UIN Bersholawat Untuk Kesejukan dan Kedamaian

  • Admin Humas
  • Minggu, 28 Oktober 2018
  • 3295 Tampilan

blank

Humas UIN RIL – Allah subhânahû wa ta’âlâdi dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh.”

Rektor UIN Prof Dr H Moh Mukri MAg mengingatkan dan mengajak umat muslim untuk selalu bershalawat kepada kanjeng Nabi Muhammad saw. Baginya, sholawat bukan hanya perintah Allah swt, tetapi juga harus dijadikan kebiasaan.

“Saya selalu bersholawat kapan pun karena sudah menjadi kebiasaan. Allah pun sudah memerintahkan kita untuk bersholawat kepada kanjeng nabi. Kita ini harus bersholawat, itulah wasilah kita. Jadikan sholawat ini menjadi bagian dalam hidup kita,” ungkap Prof Mukri saat menyampaikan sambutan pada kegiatan UIN Bersholawat yang diselenggarakan UKM Permata Sholawat di lapangan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Minggu (28/10/2018).

blank

Menurut rektor, dengan adanya sholawat dalam kampus seperti ini suasana jadi damai dan sejuk. Ia berharap kepada UKM Permata Sholawat untuk terus menggaungkan dan membumikan sholawat di kampus hijau ini.

“Doa-doa kita kepada kanjeng nabi, bukan nabi ingin didoakan, nabi itu pasti masuk surga. Kita  nyender, nderek kepada kanjeng nabi. Agar kita mendapat syafaatnya kelak,” imbuhnya.

Rektor juga berpesan agar kita ikuti ulama yang jelas ilmu dan sanatnya. Menurutnya, guru dan sanat keilmuan itu penting agar tidak hilang arah dan ada yang membimbing. “Belajar agama itu jangan di google, tapi harus ada gurunya,” jelasnya.

Ia pun berharap agar kita mampu mengikuti jejak Nabi Muhammad saw. “Pada diri nabi itu terdapat Uswatun Hasanah, keteladanan. Jadi kita juga harus mampu memberikan keteladanan yang baik untuk orang lain,” tambahnya.

blank

Hal yang sama disampaikan oleh Bunyamin Mahmuddin MA selaku Pembina UKM Permata. Menurutnya, UIN bersholawat  untuk menciptakan suasana yang damai dan sejuk dalam kampus. “Sholawat ini juga diharapkan sebagai wasilah agar para mahasiswa dapat kemudahan dalam menuntut ilmu,” terangnya.

UIN bersholawat ini diselenggarakan dalam rangka HUT UKM Permata Sholawat yang ke-3, memperingati hari santri dan juga sumpah pemuda. Hadir juga pada kegiatan ini Wakil Rektor III, Kepala Biro AUAK, Kepala Biro AAKK, Wakil Dekan I FTK, Ketua Prodi PBA dan sejumlah unsur pimpinan lainnya.

Hadir juga alim ulama seperti Habib Umar bin Mudhor Al-Haddad dan Habib Abdurrahman bin Ahmad Alaydrus. Pada kegiatan tersebut dibacakan sholawat simtudduror karangan Al-Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi. (NF/HI)