UIN Buka Semua Prodi Jalur UM-PTKIN

  • Admin Humas
  • Kamis, 09 April 2020
  • 10218 Tampilan
blank

UIN Raden Intan Lampung buka semua prodi S-1 untuk penerimaan mahasiswa jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020. Prodi tersebut berjumlah 30 prodi dari 6 fakultas.

Jadwal seleksi UM-PTKIN yaitu pendaftaran/pembayaran pada 1 Mei-30 Juni; cetak kartu ujian 1-9 Juli; pelaksanaan ujian 15-22 Juli; dan pengumuman 28 Juli 2020.

Alur pendaftaran yakni pertama, calon peserta mengisi biodata secara online dilaman https://um-ptkin.ac.id/ untuk dapat SIP (Surat Instruksi Pembayaran) dan PIN. Kedua, calon peserta membayar ujian sebesar Rp200.000 di seluruh pelayanan Bank BNI, Kantor Pos, dan Bank lainnya yang mendukung fitur ATM bersama dengan menunjukkan nomor SIP.

Kemudian, peserta melanjutkan pendaftaran pada laman yang sama dengan memasukkan nomor SIP dan PIN untuk menentukan kelompok ujian (IPA/IPS), lokasi ujian, pilihan program studi (prodi), dan cetak kartu ujian.

Wakil Rektor I Dr Alamsyah MAg menjelaskan, kelompok ujian IPA untuk peminat prodi sain dan teknologi. Materi ujian IPA ini yaitu tes potensi akademik, Bahasa, keislaman, dan kemampuan IPA.

Sedangkan kelompok ujian IPS untuk peminat prodi bidang sosial, humaniora, dan keagamaan. Materi ujian IPS sama seperti IPA, yang membedakan yakni kemampuan IPA diganti dengan IPS. (NF/HI)