UIN dan Polda Lampung Tingkatkan Kolaborasi Atasi Radikalisme dan Intoleransi

  • Admin Humas
  • Rabu, 11 Mei 2022
  • 182 Tampilan
Silaturahmi Rektor UIN Prof. Wan Jamaluddin dengan Kapolda Lampung Irjen. Pol. Hendro Sugianto, Rabu (11/5/2022).

UIN Raden Intan dan Kepolisian Daerah Lampung akan meningkatkan kolaborasi dalam mengatasi radikalisme dan intoleransi. Hal ini terungkap dalam acara silaturahmi antara Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Wan Jamaluddin Z PhD beserta jajaran dengan Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) Lampung Irjen Pol Hendro Sugianto, Rabu (11/5/2022).

Acara yang berlangsung di Ruang Audiensi Markas Polda Lampung yang baru ini berjalan dengan penuh kehangatan dan keakraban. Dalam pengantarnya, Rektor menyampaikan bahwa silaturahmi ini selain untuk memperkenalkan jajaran baru di UIN, juga untuk mempererat hubungan dan meningkatkan kerjasama antara UIN dengan Polda Lampung yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Rektor mengapresiasi keberhasilan Polda Lampung dalam mengamankan arus mudik dan arus balik pada lebaran Idulfitri tahun ini. “Kami mengucapkan selamat atas keberhasilan Polda Lampung dalam mengamankan arus mudik dan arus balik tahun ini. Berkat kerja keras dan rekayasa arus lalu lintas yang digagas oleh Polda Lampung, maka kemacetan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni tidak terjadi,” ungkapnya.

Prof Wan juga menyampaikan bahwa UIN Raden Intan siap berkolaborasi dan mendukung program kerja Polda Lampung terutama dalam hal mengatasi radikalisme dan intoleransi.

Hal tersebut mendapat tanggapan baik dari Kapolda Lampung. Irjen Pol Hendro Sugianto mengatakan bahwa sebagai institusi negara, Polda dan UIN harus saling mendukung dalam menjaga keamanan dan ketertiban negara.

“Kepolisian memerlukan masukan-masukan dari akademisi bagaimana mengelola situasi keamanan di Lampung, untuk itu kerjasama harus ditingkatkan” ujar Kapolda.

Irjen Pol Hendro juga mengatakan bahwa selama ini telah terbantu dengan adanya akademisi dan alumni UIN yang turut serta bersama Polda Lampung menanggulangi radikalisme dan Intoleransi di Lampung, diantaranya melalui program Dai Kamtibmas.

Foto bersama Rektor dan Kapolda beserta jajaran.

Selanjutnya, Kapolda berharap agar anak muda Lampung khususnya mahasiswa UIN, turut berperan aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan. “Anak muda jangan hanya jadi penonton di daerah sendiri, tetapi harus juga ikut terlibat,” tambahnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama; Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian; Humas UIN Raden Intan Lampung; serta Dir Bimas dan Kabid Propam Polda Lampung. (HI/NF)