Home » Berita » UIN Fokus Penanganan Pasca Bencana Tsunami

UIN Fokus Penanganan Pasca Bencana Tsunami


Tim Relawan UIN Peduli Kemanusiaan.

Humas UIN RIL – UIN Raden Intan Lampung turut serta dalam penanganan bencana tsunami Lampung Selatan. Tidak hanya dalam fase tanggap darurat, UIN akan fokus pada pasca fase tersebut.

Seperti dikatakan oleh Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg, sebagai lembaga pendidikan, UIN tentunya memiliki tanggung jawab sosial terhadap persoalan ini. “Kita (UIN) akan bantu korban bencana sesuai kemampuan dan kapasitas kita. Selain itu, salah satu poin tridarma perguruan tinggi adalah pengabdian,” kata rektor usai memberi pengarahan kepada jajaran terkait UIN peduli kemanusiaan, Kamis (31/12/2018).

Kepala Biro AAKK Drs Jumari Iswadi MM yang ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Umum Tim UIN Peduli Kemanusiaan mengatakan, UIN akan fokus pada tahap pasca tanggap darurat. “Kita akan fokus pada wilayah pendidikan dan trauma healing terhadap korban bencana,” katanya di posko Kalianda, usai meninjau lokasi bencana, Rabu (2/1/2019).

Penurunan bantuan di posko UIN untuk di salurkan ke lokasi para penyintas.

Meski demikian, UIN tetap menerima bantuan seperti logistik dan uang untuk disalurkan serta dibelikan kebutuhan para penyintas. Selain di Gedung Rektorat, UIN memiliki posko induk yang berlokasi di lapangan depan kantor Bupati Lampung Selatan.

Posko tersebut berfungsi sebagai tempat stand by relawan UIN, pusat informasi dan koordinasi, serta penerimaan dan penyaluran bantuan. Untuk sementara, posko induk yang berada di Kalianda itu direncanakan akan buka selama 6 bulan ke depan.

Penyerahan bantuan oleh tim relawan UIN (kedua dan ketiga dari kiri) untuk penyintas.

Di samping posko, UIN juga sedang menyusun rencana Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di lokasi terdampak bencana tsunami tersebut. (NF/HI)

Sudah dibaca : 475 Kali