Home » Berita » UIN Gelar Vaksinasi Merdeka untuk Mahasiswa

UIN Gelar Vaksinasi Merdeka untuk Mahasiswa

Sudah dibaca : 738 Kali


Dalam upaya melawan pandemi Covid-19 agar tidak menyebar di masyarakat, khususnya mahasiswa, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan bersama Polda Lampung menggelar Vaksinasi Merdeka di Gedung Baru Kampus setempat, Kamis (9/9/2021).

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugianto didampingi Wakapolda Brigjen Pol Subiyanto yang meninjau langsung kegiatan tersebut mengatakan bahwa vaksinasi Merdeka ini adalah program kerjasama antara Staf khusus Presiden dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, “Alhamdulilah kemarin sudah kita laksanakan 1000 dosis di sekolah  dan hari ini 1000 dosis di UIN Lampung”. Ujarnya.

Menurutnya  Vaksinasi Merdeka ini akan diprogramkan untuk para pelajar dan mahasiswa agar bisa segera sekolah (kuliah) tatap muka, “ Kami programkan untuk anak-anak sekolah (mahaisiswa) terlebih dahulu agar kita bisa segera tatap muka” jelas Hendro.

Kapolda berharap 80% masayarakat Lampung dapat tervaksinasi agar dapat membangun Herd Immunity di tengah-tengah masyarakat provinsi Lampung. Untuk itu pihaknya akan bekerjasama dengan semua pihak khususnya Lembaga Pendidikan agar target tersebut dapat tercapai.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag. mengapresiasi inisiatif Kapolda Lampung ini karena Pendidikan merupakan hal yang penting dan anak-anak yang ada dalam dunia Pendidikan adalah generasi penerus masa depan kita. “Kami mengapresiasi inisiatif Bapak Kapolda dan jajarannya yang mendahulukan lembaga Pendidikan dalam vaksinasi ini, dan kami berterimakasih karena telah dipercaya menjadi Perguruan Tinggi yang pertama yang menyelenggarakan vaksinasi Merdeka ini” ujar Rektor.

Rektor juga mengatakan bahwa harus terus disosialisasikan di tengah masyarakat tentang keharusan vaksinasi ini. “Vaksinasi ini bukanlah hal yang menakutkan, tetapi justru hal yang niscaya yang harus dilakukan agar terbentuk imunitas ditengah-tengah masyarakat” pungkasnya.

Sementara Ketua Satgas Covid UIN Raden Intan Lampung, Dr. Asriani menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah kegiatan vaksinasi gelombang ketiga di UIN Raden Intan Lampung, “Gelombang pertama adalah vaksinasi kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung sebanayk 800 dosis untuk dosen dan karyawan, gelombang kedua bekerjasama dengan Pemda Kota Bandar Lampung sebanyak 200 dosis juga untuk karyawan dan dosen, dan gelombang ketiga ini kita kerja sama Polda Lampung sebanyak 1000 dosis khusus untuk mahasiswa baru” jelasnya.

Asriani mengatakan bahwa kegiatan ini adalah awal dari proses vaksinasi secara menyeluruh kepada seluruh mahasiswa UIN, “kali ini kita memberikan kepada mahasiswa baru angkatan 2021 terebih dahulu, karena mereka akan mengikuti kuliah percobaan tatap muka, nantinya kita akan usahakan seluruh mahasiswa untuk divaksin” terangnya

Namun demikian Asriani juga menyarankan agar setiap mahasiswa dapat aktif mengikuti vaksin secara mandiri ditempat tinggal masing-masing dan ditempat-tempat lain yang menyelenggarakan vaksin, seperti di Polda, pungkasnya. (HI)