UIN Raden Intan Hadirkan Empat Layanan Utama di Pekan Raya Lampung

  • Admin Humas
  • Jumat, 13 Oktober 2023
  • 419 Tampilan
blank
Salah satu Duta Raden Intan saat mengenalkan kampus hijau UIN kepada pengunjung

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) turut berpartisipasi pada Pekan Raya Lampung (PRL) 2023.

PRL tahun 2023 diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Lampung yang mengusung tema “Digitalisasi Perekonomian Menuju Lampung Berjaya”. Acara ini berlangsung mulai 6-21 Oktober 2023 di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) Wayhalim.

Berbeda dengan keikutsertaan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini UIN Raden Intan Lampung menghadirkan beberapa layanan di stand UIN yang terletak strategis antara beberapa stand perguruan tinggi lain.

Diantaranya, UIN Raden Intan Lampung melalui Pusat Kajian dan Layanan Halal memberikan layanan Sertifikasi Produk Halal Produk Makanan dan Minuman untuk pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Dengan adanya sertifikat halal tersebut, diharapkan dapat memberikan dorongan serta kepercayaan diri kepada pelaku usaha lokal di Lampung.

Kepala Biro AAKK UIN RIL Dr H Abdul Rahman MPd menilai, salah satu layanan tersebut sangat membantu para pelaku usaha dalam melakukan proses sertifikasi produknya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan regulasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI seluruh produk makanan dan minum wajib memiliki sertifikat halal mulai Oktober 2024 mendatang.

Di samping itu, Layanan Asesmen dan Konseling Karier Center juga hadir memberikan pelayanan asesmen kompetensi dan sebagai sarana memberikan konsultasi  kalangan masyarakat terkhusus remaja yang masih bingung dalam mencari pekerjaan atau passion yang tepat. Kemudian, Asemen dan Konseling Center memiliki kegunaan yakni seleksi promosi rotasi, pengembangan, identifikasi GAP kebutuhan kompetensi, dan identifikasi kader pimpinan.

Layanan Pusat Moderasi Beragama dan Layanan Informasi Pusat Bisnis juga turut andil di dalam stand yang juga disertai dengan informasi lainnya seputar kampus hijau nan asri UIN Raden Intan lampung.

“Di stand UIN, masyarakat juga akan dilayani oleh Duta UIN Raden Intan yang akan memberikan informasi tentang prodi apa saja yang ada, baik sarjana maupun pascasarjana. Informasi tentang prestasi, informasi pendaftaran, akreditasi prodi, kegiatan mahasiswa serta fasilitas dan keunggulan UIN,” ungkap Abdul Rahman.

Dia mengatakan, UIN berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan berorientasi pada nilai-nilai keislaman. Senada dengan moto UIN Raden Intan yakni menghasilkan insan ber-ISI, Intellectuality, Spirituality, dan Integrity. Hadirnya UIN Raden Intan di Pekan Raya Lampung, sambungnya, diharapkan dapat menjangkau lebih banyak calon mahasiswa.

Selain itu masyarakat Lampung juga dapat melihat produk-produk UIN yang dipamerkan, seperti Al Quran terjemahan bahasa Lampung karya UIN Raden Intan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kab Pringsewu, serta buku penelitian dosen.

(An/AH)