Home » Berita » UIN Kembangkan Aplikasi Bimbingan Akademik

UIN Kembangkan Aplikasi Bimbingan Akademik


WR I Dr. Alamsyah, M.Ag saat memberikan pengantar dalam sosialisasi SIGASTRA.

UIN Raden Intan Lampung melalui Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) bangun dan kembangkan aplikasi untuk bimbingan akademik.

Aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Guidance Akademik, Skripsi, Tesis, dan Riset Akhir (SIGASTRA) ini disosialisasikan kepada para pimpinan dan dosen UIN melalui aplikasi Zoom, Rabu (7/10).

Wakil Rektor (WR) I Dr Alamsyah MAg mengatakan, aplikasi ini merupakan suatu inovasi dalam hal pembelajaran daring. Dalam masa pandemi, dia mengingatkan kepada para dosen untuk menghindari tatap muka secara langsung dengan mahasiswa.

“Prinsipnya adalah pembelajaran harus tetap berjalan dan keselamatan harus tetap dijaga. Strategi yang paling tepat adalah dengan e-learning dan aplikasi yang lain,” katanya saat memberi pengantar pada sosialisasi aplikasi tersebut.

Dengan adanya beragam aplikasi yang dimiliki UIN seperti SIAKAD, e-learning, dan SIGASTRA ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam hal pelayanan administrasi dan akademik.

“Kita tidak ingin mahasiswa bergerombol ke kampus. Tetapi pelayanan dan pembelajaran harus berjalan melalui aplikasi atau sistem yang sudah dibangun,” ujar Alamsyah.

Aplikasi SIGASTRA akan diintegrasikan dengan SIAKAD, e-learning, dan aplikasi lainnya terkait laporan beban kinerja dosen (BKD). Sistem informasi ini dapat diakses melalui laman https://sigastra.radenintan.ac.id/.

Adapun layanan dalam aplikasi ini diantaranya Bimbingan Akademik (PA); Bimbingan Proposal Skripsi, Tesis dan Disertasi; Sidang Penentuan Judul dan Pembimbing Mahasiswa; Seminar Proposal; Munaqosah; Ujian Tertutup dan Terbuka (Pascasarjana); dan Revisi setelah Ujian. (NF/HI)

Sudah dibaca : 1688 Kali